Vaksinasi Kedua di Balai Kota Surabaya Mulai Digelar 29 Januari

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 18:05 WIB
Plt Wali Kota Surabaya Ehisnu Sakti Buana
Whisnu Sakti Buana (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Vaksinasi kedua akan dilakukan di Balai Kota Surabaya, Jumat (29/1/2021). Vaksinasi ini diberikan untuk nakes Surabaya dan forkopimda.

Untuk persiapan, Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana akan melakukan koordinasi hari ini bersama jajaran.

"15 Orang dari Forkopkmda kemarin juga disuntik semua. Tidak perlu di depan Balai Kota (Taman Surya), di sini saja kita kumpulkan Forkopimda (lobby lantai 2)," kata Whisnu kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Rabu (27/1/2021).

15 Orang yang akan divaksin yakni Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, istri Plt Wali Kota Dini Syafariah Endah, Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kajari Tanjung Perak, Kajari Surabaya, Ketua IDI Surabaya, Kepala Kemenag Kota Surabaya, Kepala Bidang Keperawatan RSU dr Soewandhie, Tim Penggerak PKK, Kepala Cabang Surabaya BPJS Kesehatan, Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Surabaya, Ketua PPNI Surabaya, dan Ketua DPRD Kota Surabaya.

Sebenarnya, 15 orang ini melakukan vaksin kedua di Puskesmas Ketabang sesuai jadwal. Akan tetapi, Whisnu meminta untuk dilakukan di Balai Kota, meski tanpa seremonial seperti Jumat (15/1) lalu.

"Nggak mungkin pak kapolres dan pak danrem saya suruh suntik di Puskesmas Ketabang. Karena SMS blast semua di Puskesmas Ketabang," ujarnya.

Sementara untuk evaluasi vaksin terhadap nakes, Whisnu mengaku gejala yang timbul sangat kecil. KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ringan hanya terjadi kepada 25 nakes.

"Demam tidak sampai 5, yang banyak memar kemerahan di tempat suntikan, muntah-muntah cuman satu," katanya.

Sementara Whisnu membantah jika adanya 35 nakes positif COVID-19 setelah divaksin. "Ndak ada nakes yg positif setelah divaksin," pungkasnya.

(fat/fat)