Hari Ini Surabaya Kembali Dapat Jatah 27 Ribu Vaksin COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 11:25 WIB
18.420 Vaksin COVID-19 Kembali Dikirim Untuk Nakes di Surabaya
Foto: Esti Widiyana
Surabaya - Hari ini Dinkes Surabaya kembali menerima puluhan ribu vaksin COVID-19 dari Dinkes Jatim. Vaksin sinovac ini akan diberikan ke tenaga kesehatan dan forkopimda.

"Insyaallah diberikan tambahan vaksin sejumlah 27.080, Insyaallah suntik kedua ini," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriaditya Prajatara kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (27/1/3021).

Untuk pengiriman 27.080 vaksin kedua untuk nakes, jelas dia, teknisnya mengikuti Dinkes Jatim. Apakah pengiriman dilakuka secara bertahap seperti suntikan pertama.

"Apakah dua tahap seperti kemarin, atau langsung, kita nunggu dari provinsi seperti apa. Gudang farmasi Insyaallah siap," ujarnya.

Febri menjelaskan, pemberian vaksin COVID-19 ini harus dilakukan dua kali. Suntikan pertama sudah dilakukan pada Jumat (15/1) secara serentak dan berkala.

"Ini untuk mendukung pelaksanaan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan yang sudah diberikan vaksin. Kemarin sudah diberikan, ini tambahan susulannya," jelasnya.

Nakes di Surabaya yang mendapat jatah sebanyak 31.042. Jika dilakukan dua kali, jadi total sebanyak 62.084. Sedangkan untuk teknik pemberian vaksin kini sudah tidak menggunakan SMS blast. Dari Dinkes Surabaya akan memberikan jadwal.

"Nanti jadwal itu tidak harus melakukan vaksin di tempat kerjanya di RS itu, tapi di RS atau puskesmas yang sudah ada surat yang diberikan dinkes," pungkasnya.

Diketahui, hingga per tanggal 24 Januari 2021, vial vaksin sinovac yang ada di gudang farmasi sekitar 10.175. (fat/fat)