79 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Kencang, Kini Mulai Diperbaiki

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 13:20 WIB
Puluhan rumah di Lumajang rusak diterjang angin kencang. Yakni di Desa Kertosari, Desa Jambe Arum dan Desa/Kecamatan Pasru Jambe.
Rumah di Lumajang yang rusak diterjang angin kencang tengah diperbaiki/Foto: Nur Hadi Wicaksono
Lumajang -

Puluhan rumah di Lumajang rusak diterjang angin kencang pada Selasa (26/1) sore. Kini, rumah-rumah tersebut mulai diperbaiki.

Seperti yang tengah dilakukan warga Desa/Kecamatan Pasru Jambe. Mereka memperbaiki rumah dan membersihkan puing-puing atap rumah yang sempat terbawa angin.

Di Desa Pasru jambe ada 41 rumah warga yang mengalami kerusakan. Di mana, 20 di antaranya mengalami kerusakan parah.

"Ada 41 rumah warga di Desa Pasru Jambe mengalami kerusakan akibat angin kencang," ujar Kepala Desa Pasru Jambe, Sugianto kepada detikcom, Rabu (27/1/2021).

Warga yang tidak memiliki biaya untuk memperbaiki rumah, menutup sementara atap dengan menggunakan terpal. Mereka berharap adanya bantuan berupa asbes untuk perbaikan rumah mereka. Apalagi hujan masih sering kali terjadi.

"Yang mengalami kerusakan bagian atap rumah. Warga membutuhkan asbes untuk perbaikan karena kalau hujan bocor semua," ujar warga Desa Pasru Jambe, Edi.

Ada tiga desa di Kecamatan Pasru Jambe yang terdampak angin kencang. Ketiga desa tersebut yakni Desa Kertosari, Jambe Arum dan Pasru Jambe.

Sebanyak 79 rumah warga mengalami kerusakan pada bagian atap. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta.

(sun/bdh)