Puluhan Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Kencang

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 21:40 WIB
Puluhan rumah di Lumajang rusak diterjang angin kencang. Yakni di Desa Kertosari, Desa Jambe Arum dan Desa/Kecamatan Pasru Jambe.
Rumah di Lumajang rusak diterjang angin kencang/Foto: Nur Hadi Wicaksono
Lumajang -

Puluhan rumah di Lumajang rusak diterjang angin kencang. Yakni di Desa Kertosari, Desa Jambe Arum dan Desa/Kecamatan Pasru Jambe.

Kerusakan paling parah berada di Desa Pasru Jambe yakni sebanyak 41 rumah. Sedangkan di Desa Jambe Arum ada 23 rumah dan di Desa Kertosari sebanyak 15 rumah yang mengalami kerusakan.

"Angin kencang yang terjadi di Kecamatan Pasru Jambe mengakibatkan 79 rumah warga yang berada di 3 desa mengalami kerusakan," ujar TRC BPBD Kabupaten Lumajang Danial Riza kepada detikcom, Selasa (26/1/2021).

Menurut warga, angin kencang tiba-tiba menerjang sekitar pukul 15.00 WIB, hingga hampir satu jam. Sehingga mengakibatkan puluhan rumah warga di tiga desa mengalami kerusakan. Selain itu, ratusan pohon yang berada di pekarangan rumah warga juga tumbang.

"Saya pas tidur tiba-tiba angin kencang datang dan genting rumah berjatuhan sehingga saya terbangun. Saya pun akhirnya keluar rumah bersama anak untuk menyelamatkan diri. Khawatir rumah saya ambruk," ujar Sulastri, warga Desa Pasru Jambe.

Warga sempat merasa ketakutan hingga keluar rumah dan berlarian untuk menyelamatkan diri. Usai angin kencang mereda, hujan deras pun mengguyur desa mereka.

"Angin dari barat ke timur dan balik lagi sehingga membuat rumah warga rusak bagian atap saja, serta pohon banyak yang tumbang. warga takut, banyak yang lari semua serta banyak yang nangis," ujar Edi, warga lainnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun akibat angin kencang tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta.

(sun/bdh)