Waspada Cuaca Buruk 26 Kab/Kota di Jawa Timur Siang hingga Malam Hari

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 09:25 WIB
Sebagian besar wilayah Jakarta diprediksi bakal diguyur hujan pada siang hingga sore pada Selasa (27/10). Siapkan payung dan jas hujan Anda!
Ilustrasi hujan (Foto: DEDY ISTANTO)
Surabaya -

BMKG Klas I Juanda Surabaya kembali mengeluarkan peringatan dini adanya cuaca buruk selama tiga hari di Jawa Timur. Cuaca buruk ini yakni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai petir hingga angin kencang sesaat. Untuk itu, masyarakat diimbau selalu waspada.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," tulis BMKG dalam website resminya juanda.jatim.bmkg.go.id yang dilihat detikcom di Surabaya, Kamis (10/12/2020).

Dalam peringatan dini tersebut, BMKG memprakirakan cuaca buruk pada pagi hari ini terjadi di Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Nganjuk, Magetan, Pacitan, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Lalu, pada siang hingga sore hari, kondisi cuaca buruk ini terjadi di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Sedangkan pada malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berlangsung di Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Lalu saat dini hari, terjadi di Pulau Bawean dan Magetan.

Kondisi cuaca seperti ini juga terjadi pada Jumat (11/12/2020). Pada pagi hari, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Magetan, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Pada Jumat siang hingga sore, cuaca buruk diprakirakan melanda Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Mojokerto, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan.

Untuk malam hari, kondisi ini berlangsung di Pulau Bawean, Probolinggo dan Situbondo. kemudian pada dini hari terjadi di Pacitan dan Situbondo.

Sementara, Sabtu (12/12/2020) di pagi hari, kondisi cuaca buruk diprakirakan terjadi di Mojokerto, Nganjuk, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Kota Kediri, Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Untuk cuaca pada Sabtu siang hingga sore, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai dengan petir dan angin kencang sesaat diprediksi berlangsung di Kota Mojokerto, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Blitar, Kediri, Kota Kediri, Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

(hil/fat)