Ini Bedanya PPKM Jilid 2 di 17 Daerah Jatim dengan Ke-1

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 19:55 WIB
17 Daerah Terapkan PPKM Kedua di Jatim, Apa Bedanya Dengan Jilid 1?
Rapat PPKM Ofline di Kodam (Foto: Faiq Azmi/detikcom)

"Akan dikuatkan (kampung tangguh), disupport logistik atau dana dari kabupaten/kota agar jalan lagi untuk meningkatkan kepatuhan warga akan protokol kesehatan," katanya.

Selain dua hal tersebut, peraturan lainnya dirasa sudah berjalan dengan semestinya. Seperti memasifkan operasi yustisi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan.

Diketahui, dalam PPKM Jilid 2 kali ini, ada 17 kabupaten/kota di Jatim yang akan menerapkan mulai 26 Januari hingga 8 Februari mendatang. Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Timur Nomor 188/34/KPTS/013/2021 Tentang Perpanjangan PPKM Untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19.

Ke-17 daerah tersebut yakni Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Pamekasan, dan Tuban.

"Jadi ada 17 kabupaten/kota di Jatim yang akan menerapkan PPKM tahap ke-2 ini," ujar Khofifah disela Rapat evaluasi PPKM via Zoom, Selasa (26/1/2021).

Khofifah mengatakan perpanjangan PPKM sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 2 Tahun 2021.


(fat/fat)