Round-up

Peternak Buang Telur Karena Kecewa, Lalu Minta Maaf Usai Netizen Menyayangkan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 10:24 WIB
Peternak telur ayam di Magetan membuang hasil panennya. Ia kesal karena harga telur ayam turun terus.
Aksi peternak membuang telur di Magetan/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Ada aksi peternak membuang telur ayam di Magetan karena kecewa harga telur ayam terus turun. Namun setelah videonya viral, ia pun meminta maaf.

Aksi peternak membuang telur ayam itu mencuri perhatian di media sosial dan aplikasi percakapan. Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik, tampak seorang pria berkaus hitam dan berkaca mata tengah membuang sejumlah telur ayamnya. Pria itu kesal karena harga jual telur murah, sementara harga pakan terus mengalami kenaikan.

"Terus arep dadi opo peternak. Pakan mundak terus, endog soyo mudun. Dinyang murah. Tak guwak pisan (Terus mau jadi apa peternak. Harga pakan terus naik, harga telur terus turun. Ditawar murah. Saya buang sekalian," ucap pria tersebut, seperti dalam video yang dilihat detikcom, Senin (25/1/2021).

Lalu banyak netizen yang menyayangkan aksi buang telur tersebut. Telur yang dibuang diperkirakan mencapai puluhan kg.

Seperti yang ditulis akun @ahmadnurchliz di sebuah kolom komentar Instagram. "Diwehke uwong sing butuh genah oleh berkah barokahe pak pak (Dikasih orang yang memerlukan pasti dapat berkah nya Pak)" tulisnya.

"Padahal banyak di luar sana yang masih membutuhkan. Dan masih ada yang belum mampu membeli telur," tulis akun lainnya.

Peternak telur ayam itu bernama Sukarni atau Putut. Ia warga Ngariboyo, Magetan. Ia sudah melakukan klarifikasi soal aksi buang telur tersebut.

"Saya Sukarni atau Pitut warga Kecamatan Ngriboyo. Saya ingin melakukan klarifikasi tentang video viral yang membuang telur," ucapnya seperti dalam video yang diterima detikcom.

Dia mengakui, video tersebut dibuat sebagai bentuk pelampiasan kekecewaan atas mahalnya harga pakan ternak, dan murah harga jual telur ayam.

"Sebelumnya saya meminta maaf apabila ada perbuatan atau ucapan yang kurang berkenan. Hal tersebut saya lakukan bentuk kekecewaan karena harga pakan naik dan harga telur turun. Sekali lagi saya mohon maaf dan saya tidak akan membuat unggahan video yang tidak semestinya," pungkasnya.

Lihat juga video 'Viral Pemobil Buang Kantong Sampah di Kalimalang Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)