Heboh Peternak Buang Telur di Magetan Lampiaskan Rasa Kecewa

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 17:11 WIB
Peternak telur ayam di Magetan membuang hasil panennya. Ia kesal karena harga telur ayam turun terus.
Aksi peternak membuang telur di Magetan/Foto: Tangkapan Layar
Magetan -

Ada aksi peternak membuang telur ayam di Magetan. Ia kesal karena harga telur ayam turun terus.

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik, tampak seorang pria berkaus hitam dan berkaca mata tengah membuang sejumlah telur ayamnya. Pria itu kesal karena harga jual telur murah, sementara harga pakan terus mengalami kenaikan.

"Terus arep dadi opo peternak. Pakan mundak terus, endog soyo mudun. Dinyang murah. Tak guwak pisan (Terus mau jadi apa peternak. Harga pakan terus naik, harga telur terus turun. Ditawar murah. Saya buang sekalian," ucap pria tersebut, seperti dalam video yang dilihat detikcom, Senin (25/1/2021).

Pria itu bernama Sukarni atau Pitut. Ia warga Kecamatan Ngriboyo, Magetan.

"Saya ingin melakukan klarifikasi tentang video viral yang membuang telur. Itu saya lakukan karena rasa kecewa di mana harga pakan terus naik, dan harga telur terus turun," ucap Sukarni dalam video yang diterima detikcom.

Selain beredar di aplikasi percakapan WhatsApp, video tersebut juga diunggah ke Instagram @beritamagetan. Unggahan tersebut disukai ribuan netizen dan mendapat ratusan komentar.

Banyak netizen yang menyayangkan aksi buang telur ayam yang dilakukan peternak tersebut. Telur yang dibuang diperkirakan mencapai puluhan kg.

Seperti yang ditulis akun @ahmadnurchliz di kolom komentar unggahan tersebut. "Diwehke uwong sing butuh genah oleh berkah barokahe pak pak (Dikasih orang yang memerlukan pasti dapat berkah nya Pak)" tulisnya.

"Padahal banyak di luar sana yang masih membutuhkan. Dan masih ada yang belum mampu membeli telur," tulis akun lainnya.

Tonton juga 'Harga Daging Sapi Meroket, Pedagang di Parepare Dilema':

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)