3.120 Vaksin COVID-19 Khusus Nakes Tiba di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 20:15 WIB
kedatangan vaksin sinovac di kantor Dinkes Mojokerto
Kedatangan vaksin Sinovac di kantor Dinkes Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Sebanyak 3.120 ampul vaksin COVID-19 tiba di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto. Ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut khusus untuk para tenaga kesehatan (nakes) yang merawat pasien Corona.

Vaksin COVID-19 yang diangkut sebuah mobil boks Indofarma Global Medika itu tiba di kantor Dinkes Kabupaten Mojokerto, Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko sekitar pukul 17.20 WIB. Mobil tersebut dikawal anggota Satuan Brimob Polda Jatim.

Ribuan vaksin buatan China itu diterima Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto dr Langit Kresna Janitra. Vaksin COVID-19 langsung disimpan di ruangan vaksin milik Dinkes dengan suhu 2-8 derajat celcius.

"Hari ini vaksin untuk Kabupaten Mojokerto sudah sampai, jumlahnya 3.120 vial (ampul)," kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander saat meninjau kedatangan vaksin COVID-19 di lokasi, Senin (25/1/2021).

Dony menjelaskan vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Mojokerto rencananya akan digunakan mulai Rabu (27/1) depan. Untuk sementara waktu, vaksin disimpan di ruangan khusus yang dijaga polisi, TNI, dan Satpol PP selama 24 jam.

"Meski sudah datang sebagian vaksin, harapannya masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan," ujar Dony.

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto dr Sujatmiko menjelaskan, 3.120 ampul vaksin COVID-19 tersebut akan digunakan khusus nakes yang sudah terdaftar di Kemenkes. Mulai dari dokter, bidan, perawat hingga petugas kebersihan (cleaning service) di rumah sakit dan puskesmas yang selama ini bersinggungan langsung dengan pasien COVID-19.

"Besok kami rapatkan dengan Satgas Penanganan COVID-19 untuk membahas penggunaannya. Yang pasti sasarannya para nakes sesuai data dari Kemenkes," jelasnya.

(iwd/iwd)