Gunung Raung Terus Erupsi, Namun Tak Ada Laporan Hujan Abu

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 13:57 WIB
Gunung Raung erupsi hingga saat ini. Erupsi terjadi antara 5 hingga 20 menit sekali.
Gunung Raung erupsi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Gunung Raung erupsi hingga saat ini. Erupsi terjadi antara 5 hingga 20 menit sekali.

Tampak jelas asap keabu-abuan membubung tinggi hingga 500 meter di atas puncak gunung setinggi 3.332 mdpl itu. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo membenarkan soal erupsi Gunung Raung yang berlangsung hingga saat ini.

"Erupsi terjadi sekitar 5 sampai 20 menit sekali. Interval seperti itu sekitaran itu tidak jauh berbeda rata-rata saja," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Asap dari erupsi yang membubung tinggi itu, kata Mukijo, terbawa angin ke arah barat dan barat daya. "Masih belum ada laporan adanya hujan abu di wilayah Banyuwangi sebelah barat maupun Bondowoso," tambahnya.

Dalam data dari PPGA Gunung Raung, kegempaan embusan terjadi 11 kali dengan ampiltudo 1-4 mm dan durasi 38-52 Detik. Sementara tremor non-harmonik terjadi 75 kali dengan amplitudo 1-11 mm dan durasi 51-495 detik. Sementara tektonik jauh terjadi 1 kali dengan amplitudo 8 mm, S-P 17 detik, dan durasi 41 detik.

"Untuk saat ini kondisi masih aman bagi masyarakat. Kembali saya ingatkan, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari pusat erupsi kawah puncak," tambahnya.

Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI menaikkan status aktivitas Gunung Raung dari normal (level I) menjadi waspada (level II). Ini karena Gunung Raung erupsi pada Kamis (21/1) sekira pukul 00.33 WIB.

Dalam surat edaran nomer 16.Lap/GL.05/BVG/2021 diterangkan, hasil evaluasi dan pemantauan visual dan instrumental menunjukkan adanya gejala kenaikan aktivitas. Maka tingkat aktivitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan ke level II.

Simak juga video 'Gunung Raung Erupsi, Status Ditingkatkan Jadi Waspada':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)