Tok, KPU Tetapkan Dua Pimpinan Daerah Blitar Raya Hari Ini

Erliana Riady - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 16:28 WIB
KPU Kota Blitar tetapkan wali kota dan wawali Hari Ini
KPU Kota Blitar tetapkan wali kota dan wawali hari ini (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar - KPU menetapkan dua pimpinan daerah di Blitar Raya hari ini. KPU Kota Blitar memilih sistem daring saat penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar untuk menegakkan prokes COVID-19.

Untuk penetapan Bupati dan Wakil Bupati Blitar, digelar di hotel kawasan Kota Blitar. KPU Kabupaten Blitar menggelar acara sejak pukul 09.30 WIB. Paslon Rini Syarifah dan Rahmat Santoso, ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blitar terpilih periode 2020-2024.

Paslon yang diusung PKB, PAN dan PKS ini berhasil mengalahkan paslon petahana dengan perolehan suara sebanyak 365.365 suara. Sedangkan paslon petahana, Rijanto dan Marhenis yang diusung koalisi besar PDIP, hanya mendapatkan dukungan sejumlah 255.604 suara.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa mengatakan, penetapan pemenang paslon Bupati dan Wakil Bupati itu didasari tidak adanya gugatan perselisihan hasil Pilbup Blitar di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ini sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Maka kami memiliki kewajiban melakukan penetapan, lima hari setelah mendapat surat resmi KPU pusat itu," kata Hadi kepada wartawan, Sabtu (23/1/2021).

KPU Kab Blitar tetapkan bupati dan wabup Hari IniKPU Kab Blitar tetapkan bupati dan wabup hari Ini/ Foto: Erliana Riady

Sementara penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar, dilakukan secara daring mulai pukul 13.00 WIB. KPU Kota Blitar menyiarkan acara ini secara live di kanal YouTube dari Gedung Kesenian Aryo Blitar di Jalan Kenari, Kota Blitar. KPU Kota Blitar menetapkan paslon Santoso-Tjujuk Sunario sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar untuk periode 2020-2024.

Dalam kontestasi pilwali, paslon yang diusung koalisi PDIP ini mendapatkan 50.258 suara. Mengalahkan paslon Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto yang mendapatkan 37.362 suara.

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengaku bersyukur tahapan Pilwali Blitar bisa berlangsung sehat, aman dan lancar. Mengingat dibayangi timbulnya klaster pilkada di masa pandemi COVID-19.

"Kami memilih penetapan dilakukan secara daring, juga wujud kami tetap disiplin menegakkan prokes COVID-19. Alhamdulillah tidak muncul klaster pilkada. KPU Kota Blitar bahkan mampu meraih tiga penghargaan dalam tahapan-tahapannya. Dan ini, bukan kerja keras kami semata, melainkan hasil kerja kolektif dengan semua pihak dan masyarakat. Terima kasih untuk semua dukungannya," jelas Umam dalam sambutannya.

Setelah penetapan, dilakukan pemberian penghargaan secara simbolis oleh KPU Provinsi Jatim. Adapun tiga penghargaan yang diraih KPU Kota Blitar yakni:

1. Terbaik 1 Program Sosdiklih Parmas Terinovatif Se-Jatim
2. Terbaik 2 Tingkat Parmas Tertinggi Se-Jatim
3. Terbaik 3 Pengelolaan Produk Hukum Terbaik Se-Jatim (fat/fat)