PPKM Diperpanjang, Pemkot Surabaya Tutup Dua Jalan Mulai Malam Ini

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 19:10 WIB
Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Malam ini mulai pukul 20.00 WIB, Jalan Tunjungan dan Darmo ditutup hingga pukul 08.00 WIB. Penutupan dilakukan setiap akhir pekan karena PPKM di Surabaya diperpanjang hingga 8 Februari.

"Untuk persiapannya sudah siap semua, nanti dibantu temen-temen Polrestabes, TNI, Satpol PP, Linmas sudah siap semua," kata Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/1/2021).

Whisnu menjelaskan, tujuan penutupan dua jalan di Surabaya ini untuk mengurangi kerumunan, khususnya di akhir pekan. Sebab, berkaca dari pengalaman minggu lalu banyak merazia di daerah tersebut.

"Sehingga kita berharap warga Surabaya juga mengurangi aktivitas di tengah kota pada akhir pekan. Bagaimana pun kita kena PPKM, Surabaya Raya ini peningkatannya dirasa masih tinggi, BOR (Bed occupancy rate di RS) masih 100%. Kita berharap masyarakat juga berhati-hari apapun itu, virus ini masih ada dan berbahaya," jelasnya.

Hingga sejauh ini, kata Whisnu, tidak ada pengusaha yang mengajukan penolakan atau keberatan atas penutupan dua jalan terrsebut. Bahkan mereka memahami situasi saat ini.

Untuk sementara ini, hanya dua jalan saja yang ditutup. Selebihnya nanti sembari dilakukan evaluasi. Menurutnya, penutupan ini dirasa efektifnya seperti saat tahun baru.

"Nanti kalau belum efektif pindah di Jalan Panglima Sudirman nanti kita berlakukan di Panglima Sudirman," ujarnya.

Sementara antisipasi pengalihan kerumunan di pinggir kota, seluruh kecanatan akan keliling memantau perkembangan penumpukan masyarakat. Jika di tengah kota Satpol PP, Linmas, dishub kota akan konsentrasi mengawasi dua jalan tersebut dan sekitarnya.

"Di kecamatan tetap bergerak memantau kondisi di pinggir-pinggir di luar area. Nanti kita evaluasi hari Senin ada laporan apa, kalau hanya memindahkan kerumunan ya kita kita evaluasi lagi penutupan ini harus seperti apa," pungkasnya.

(fat/fat)