Detik-detik Munculnya Bola Api Sebelum Ledakan Keras di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 16:38 WIB
bola api
Ilustrasi bola api/Foto: Douyin
Mojokerto -

Penyebab ledakan keras di lahan bekas tambang pasir di Kabupaten Mojokerto hingga kini masih menjadi teka-teki. Bagaimana detik-detik munculnya bola api sebelum ledakan terjadi?

Sejumlah warga Dusun Mlaten, Desa Mojotamping mengaitkan ledakan tersebut dengan fenomena bola api yang muncul sesaat sebelum ledakan. Karena mereka menyaksikan sebuah bola api memancarkan cahaya oranye melayang dari arah utara ke selatan, atau ke arah titik ledakan. Benda langit yang melayang sekitar 25 meter dari tanah itu membuat kaca sejumlah rumah warga bergetar.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun kerusakan pada rumah penduduk akibat ledakan keras tersebut. Ledakan yang belum diketahui pemicunya itu sempat membuat heboh warga Kabupaten Mojokerto. Saat itu, mereka berbondong-bondong ke lokasi kejadian karena dibuat penasaran.

Berbagai spekulasi pun muncul terkait penyebab ledakan tersebut. Mulai dari bom, pesawat jatuh, ledakan gas elpiji, hingga gunung meletus. Sampai saat ini polisi masih menyelidiki penyebab ledakan itu.

Namun berdasarkan penuturan warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, ledakan keras tersebut terjadi hanya satu kali, di lahan bekas tambang pasir milik Muslikh (60) di Dusun Watuumpak, Desa Kepuhpandak, Kecamatan Kutorejo pada Rabu (20/1) sekitar pukul 19.00 WIB.

Lahan dengan kedalaman sekitar 10 meter dari permukaan jalan itu berisi tumpukan sampah dari pabrik. Mulai dari gabus keras warna kuning kecokelatan, limbah sandal atau sepatu, kayu, kain hingga kaleng cat.

Dampak ledakan dirasakan warga Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal. Detikcom telah mengumpulkan keterangan dari warga kampung di sebelah utara lokasi ledakan tersebut. Begitu pula keterangan dari pemilik lahan yang rumahnya sekitar 50 meter di sebelah timur titik ledakan.

Menurut penuturan warga, suara ledakan tergolong sangat keras. Mereka juga merasakan bangunan rumah bergetar. Bahkan, getaran dirasakan warga yang tinggal sekitar 500 meter di sebelah utara titik ledakan. Yakni warga Dusun Sumber Pandan, Desa Mojotamping.

Simak video 'Warga Sempat Lihat Bola Api Sebelum Ledakan Keras di Mojokerto':

[Gambas:Video 20detik]