BPBD Banyuwangi Minta Pendaki Gunung Raung Segera Turun

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 22:30 WIB
Gunung Raung erupsi sebanyak 32 kali. Saat ini, status gunung yang masuk wilayah Banyuwangi, Bondowoso dan Jember ini masih normal.
Gunung Raung dari kejauhan/Foto file: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Gunung Raung erupsi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi meminta pos pendakian di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan untuk menyuruh para pendaki turun.

Kepala Dusun Wonorejo, Hartono mengakui masih ada pendaki yang berada di puncak Gunung Raung. Pihaknya mengestimasi ada sekitar 3 grup pendaki yang naik atau berada di puncak Raung.

"Sesuai laporan masih ada pendaki. Namun jumlahnya belum kita ketahui," ujarnya kepada detikcom, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, sesuai dengan arahan BPBD Banyuwangi, pihaknya meminta petugas pos jaga untuk menyuruh pendaki turun. "Sudah kita minta turun saat ini," terangnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam mengatakan, instruksi ini sudah diberikan kepada petugas baik dari pemerintahan, kepolisian dan TNI. BPBD Banyuwangi sudah berkoordinasi dengan Camat Kalibaru untuk menutup sementara pendakian ke Gunung Raung melalui Pos Wonorejo.

"Di Banyuwangi pendakian Gunung Raung melalui Pos Wonorejo Kalibaru. Saya sudah berkoordinasi dengan camat agar berkomunikasi dengan pihak pengelola agar dilakukan penutupan hingga ada informasi lebih lanjut dari PVMBG," imbuhnya.

Eka mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik terkait peningkatan aktivitas Gunung Raung tersebut. Terlebih, mitigasi bencana sudah sering dilakukan.

Selanjutnya
Halaman
1 2