Gunung Raung Erupsi, Ada Pendaki yang Belum Turun?

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 20:20 WIB
Status Gunung Raung Ditingkatkan Menjadi Waspada (Level II)
Gunung Raung dari kejauhan/Foto file: Ardian Fanani
Banyuwangi - Gunung Raung erupsi dan mengeluarkan asap kelabu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Eka Muharram mengaku sudah menerima laporan soal peningkatan aktivitas Gunung Raung. "Saya dapat laporan sekitar jam 5 pagi. Ada erupsi kecil di Gunung Raung dan dari analisa seismic mulai tadi malam ada kegempaan, tremor, dan embusan signifikan. Dan sekarang ada peningkatan status menjadi waspada," kata Eka kepada detikcom, Kamis (21/1/2021).

Namun demikian, Eka mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik terkait peningkatan aktivitas Gunung Raung tersebut. Terlebih, mitigasi bencana sudah sering dilakukan.

"Tetap ikuti perkembangan dan informasi dari PVMBG. Tetap tenang, tidak perlu panik," tambahnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pos pendakian gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso ini ditutup untuk sementara waktu.

"Kita tetap merujuk pada peringatan dini PVMBG. Kita sudah berkoordinasi dan rekomendasinya, melarang (masyarakat) ke puncak Gunung Raung," jelas Eka.

Untuk itu, BPBD Banyuwangi sudah berkoordinasi dengan Camat Kalibaru untuk menutup sementara pendakian ke Gunung Raung melalui pos pendakian Wonorejo.

"Di Banyuwangi pendakian Gunung Raung melalui Pos Wonorejo Kalibaru. Saya sudah berkoordinasi dengan camat agar berkomunikasi dengan pihak pengelola agar dilakukan penutupan hingga ada informasi lebih lanjut dari PVMBG," tambahnya.

Sementara Kepala Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Hartono mengatakan, dua hari yang lalu ada pendakian melalui jalur Wonorejo. Pihaknya berkoordinasi dengan pos pendakian, untuk meminta aktivitas tak dilanjutkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2