Sinergi Forkopimda Kota Kediri untuk Donor Plasma Konvalesen

Andhika Dwi - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 18:20 WIB
Forkopimda Kota Kediri bersinergi mensukseskan Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen). Ini sebagai langkah bersama menekan pebyebaran COVID-19.
Rapat koordinasi dengan Forkopimda di ruang kerja Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Rabu (20/1/2021)/Foto: Istimewa
Kediri -

Forkopimda Kota Kediri bersinergi mensukseskan Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen). Ini sebagai langkah bersama menekan penyebaran COVID-19.

Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi dengan Forkopimda di Ruang Kerja Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Rabu (20/1/2021). Gedor Pasen merupakan salah satu upaya untuk membantu penyembuhan pasien COVID-19, sekaligus menekan angka kematian akibat COVID-19 khususnya di Kota Kediri.

Program ini selaras dengan program yang dicanangkan secara daring oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, bersama Palang Merah Indonesia dan rumah sakit seluruh Indonesia. Yaitu Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen.

Pada tahap awal, Forkopimda akan melakukan pendataan jajaran di bawahnya, yang pernah terkonfirmasi positif COVID-19. "Bersama Pak Kajari, Pak Ketua Dewan, Pak Kapolres, Pak Dandim, Ibu Ketua PN, Pak Sekda sedang berupaya untuk mencarikan pendonor plasma konvalesen. Mungkin anggotanya Pak Kapolres ada yang pernah kena. Dari TNI atau anggotanya Pak Sekda ada yang jadi penyintas, datanya kita serahkan ke PMI untuk dicek. Hasilnya nanti kalau ada yang cocok akan jadi pendonor," ucap Abdulllah Abu Bakar, Wali Kota Kediri, Kamis (21/1/2021).

Menurut Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, terapi plasma konvalesen untuk pasien COVID-19 memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi. Sehingga Wali Kota Kediri berharap hasil rapat ini bisa segera dieksekusi.

Selanjutnya
Halaman
1 2