Kota Probolinggo Fasilitasi Pernikahan dengan Mobil Mewah, Asal ...

M Rofiq - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 13:27 WIB
Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin
Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Momen pernikahan menggunakan mobil mewah akan terwujud bagi warga Probolinggo. Sebab Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin mempersiapkan mobil dinasnya untuk 'Wedding Car' untuk mengantar mempelai datang ke KUA. Keren ya?

Membatasi kegiatan berkumpul resepsi pernikahan dilakukan oleh Kota Probolinggo dengan cara yang unik. Salah satunya mengajak masyarakat melangsungkan pernikahan di KUA atau lokasi yang terbatas. Namun sebagai gantinya, pihak Kota Probolinggo memberikan fasilitas mewah pengantaran mempelai menggunakan mobil dinas wali kota.

"Kita terketuk melihat warga di masa pandemi COVID-19, menggelar acara pernikahan yang tidak boleh digelar secara mewah dan banyak mengundang orang. Padahal momen sakral acara pernikahan yang hanya dilakukan sekali dalam hidup, ini kami ijinkan mobil mewah 'Nissan Elgrand' yang dipakai, bisa dipinjam untuk acara akad nikah, dan semuanya gratis. Mulai dari BBM dan sopir disediakan Pemerintah Kota Probolinggo," ujar Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin saat dikonfirmasi, Kamis (21/1/2021).

Mobil bernopol N 1 PP, memiliki fasilitas canggih yang dimiliki mobil dinas yang dipakai sehari-hari bertugas Wali Kota Probolinggo. Mulai dari audio, dan kursi bisa pijat. Pasangan pengantin bisa berswafoto di atas mobil sambil membuka sunroff.

Seluruh fasilitas itu disediakan secara gratis. Tak hanya itu, bahan bakar dan driver pun disediakan dengan cuma-cuma.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal AbidinWali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin/ Foto: M Rofiq

Untuk memesan mobil ini, masyarakat harus memesan jauh-jauh hari. Warga yang hendak memakai mobil ber plat merah milik kepala daerah wajib mendaftar terlebih dulu tanggal acara pernikahannya ke Bagian Umum Pemkot Probolinggo.

"Jangan takut dan sungkan, mobil mewah dan kepala daerah harus dekat dengan warganya, dan mobil dinas yang dipakainya juga milik masyarakat, dan dibeli dari hasil pajak masyarakat, nanti jika acara pas hari libur seperti Sabtu dan Minggu, driver libur, maka saya siap akan menyopiri mobil saat acara pernikahan warganya. Asalkan tidak ada agenda tugas pemerintahan dan tugas negara," jelas Habib Hadi.

Tak hanya untuk pernikahan, mobil dinas wali kota ini juga bisa digunakan untuk kepentingan lain. Seperti menjemput anak yatim dalam acara santunan, pengajian hingga kegiatan sosial lainnya. Hal ini, kata Habib, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang saat ini dilanda pandemi COVID-19.

"Semoga bermanfaat mobil dinas bisa dipakai acara pernikahan maupun acara umum untuk kepentingan masyarakat luas, mari pinjam mobil dinas yang saya pakai, karena kami terpilih dari suara hati rakyat, jadi saya kembalikan kenikmatan untuk warga Kota Probolinggo," ujarnya.

"Selain acara pernikahan, acara untuk kepentingan umum, seperti pengajian, dan santunan anak yatim piatu, monggo pakai mobil dinas kami, pakai karena jabatan yang diemban juga amanah dari masyarakat Kota Probolinggo, koordinasi dengan kami apapun masalah yang ada di kalangan masyarakat. Tapi untuk tujuan kebaikan," tegasnya.

(fat/fat)