Banjir Bandang di Paniai Papua, 30 Rumah-Kediaman Bupati Terdampak

Saiman - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 17:33 WIB
Banjir bandang terjadi di Kampung Uwibutu , Distrik Pantim, Kabupaten Paniai (dok istimewa)
Banjir bandang terjadi di Kampung Uwibutu, Distrik Pantim, Kabupaten Paniai. (Foto: dok. Istimewa)
Paniai -

Banjir bandang terjadi di Kampung Uwibutu, Distrik Pantim, Kabupaten Paniai, Papua. Dilaporkan ada 30 rumah yang terkena dampak banjir tersebut.

Kabag Ops Polres Paniai AKP Barnabas mengatakan banjir bandang terjadi pada Selasa (19/1/2021), sekitar pukul 18.30 WIT. Warga mengatakan penampungan air yang ada di belakang SD Yapis depan RSUD Madi jebol karena hujan deras.

Akibatnya, air tumpah ke sepanjang jalan dari RSUD Madi, kediaman Bupati Paniai, Pos Lalu Lintas Polres Paniai, pertigaan Distrik Bibida dan Asrama Polisi Polres Paniai, depan Jalan Poros Madi-Enarotali.

"Korban jiwa tidak ada, namun kerugian materiil mencapai ratusan juta rupiah, dan warga yang sempat mengungsi sudah kembali dan membersihkan puing-puing sisa banjir," kata Barnabas saat dihubungi, Rabu (20/1).

Banjir bandang terjadi di Kampung Uwibutu , Distrik Pantim, Kabupaten Paniai (dok istimewa)Banjir terjadi pada Selasa (19/1) petang. (Foto: dok. Istimewa)

Kondisi ini memperparah kondisi di lokasi yang sudah sepekan listrik tidak menyala yang diduga karena kerusakan pada mesin PLN sehingga pendataan dan upaya bantuan penyelamatan kepada warga yang terdampak banjir terhambat.

Hari ini, tim gabungan TNI-Polri, pemda, dan masyarakat setempat membersihkan tempat-tempat terdampak banjir. Kegiatan dipimpin Wakapolres Paniai AKP Mardi Marpaung dan Kabag Ops Polres Paniai AKP Barnabas.

Dilaporkan ada sekitar 30 rumah warga terdampak banjir bandang ini. Selain itu, ada satu unit sepeda motor milik masyarakat tertimbun longsor, pagar Pos Lantas Polres Paniai rusak tertimbun longsor, dua unit rumah warga hanyut terbawa banjir, tiga mobil Dinas Bupati Paniai dan pagar rumah jabatan Bupati Paniai juga roboh.

Untuk menangani kondisi ini, Pemkab Paniai menyiagakan satu unit alat berat dengan empat truk untuk mengangkut sisa-sisa sampah dan lumpur.

Simak video 'Lumpur Sisa Banjir Bandang di Gunung Mas Mulai Dibersihkan':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)