Banyuwangi Optimalkan Rekam Kesehatan Melalui e-Nak Wangi, Ini Tujuannya

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 20:12 WIB
Banyuwangi Optimalkan Rekam Kesehatan Melalui E-Nak Wangi
Bupati Anas (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Pemkab Banyuwangi mengoptimalkan perekaman kesehatan sapi peternak melalui Kartu Ternak Elektronik Kabupaten Banyuwangi (e-Nak Wangi). Ini untuk menjaga produktivitas dan kualitas sapi.

"Secara berkala petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi melakukan pelayanan kesehatan gratis pada sapi peternak," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas kepada detikcom, Rabu (20/1/2021).

Seperti yang dilakukan di peternakan sapi, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Beberapa waktu lalu, Anas memantau proses pelayanan kesehatan gratis pada sapi, meliputi penyuntikan vitamin, pemberian obat cacing, pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

Anas mengatakan pelayanan kesehatan gratis ini penting untuk menjaga kualitas sapi di Banyuwangi. Pemberian layanan kesehatan gratis ini akan dilakukan pada 10.000 ekor sapi.

Pemberian layanan kesehatan gratis ini dilakukan oleh tim medis, paramedis, dan mantri, yang bertugas memeriksa dan melakukan tindakan kesehatan.

"Peternak yang memiliki permasalahan kesehatan ternaknya bisa langsung menghubungi Dinas Pertanian dan Pangan," kata Anas.

Pelayanan kesehatan ini juga untuk menjaga produktivitas sapi. Mengingat sapi yang memiliki masalah kesehatan, seperti akibat asupan makanan yang kurang baik, akan berdampak proses perkawinannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2