Gunung Semeru Kembali Luncurkan Guguran Lava Pijar

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 14:49 WIB
Gunung Semeru kembali meluncurkan guguran lava pijar. Jarak luncurnya sekitar 300-600 meter dari puncak ke wilayah Besuk Kobokan.
Gunung Semeru/Foto: Nur Hadi Wicaksono
Lumajang -

Gunung Semeru kembali meluncurkan guguran lava pijar. Jarak luncurnya sekitar 300-600 meter dari puncak ke wilayah Besuk Kobokan.

Guguran lava pijar tersebut terjadi sekitar pukul 00.24 WIB. Secara visual teramati sinar api atau api diam dengan tinggi sekitar kurang lebih 50 meter.

Namun demikian, luncuran lava pijar tersebut masih jauh dari pemukiman warga. Status Gunung Semeru masih Waspada atau ada di level II.

Dalam data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 20 Januari 2021 pukul 00.00-06.00 WIB, gunung itu mengeluarkan letusan 4 kali. Lalu embusan 13 kali, satu kali tremor harmonik dan tektonik jauh 4 kali.

"Gunung Semeru mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur sejauh 300-600 meter ke arah Besuk Kobokan. Status Gunung Semeru masih waspada level II," ujar Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo kepada detikcom, Rabu (20/1/2021).

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah atau puncak Gunung Semeru, dan jarak 4 km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara. Serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru.

"BPBD mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara," pungkas Wawan.

(sun/bdh)