BPBD Kota Malang Sebut Ada 20 Titik Longsor dan 14 Lokasi Banjir

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 17:00 WIB
longsor di malang
Longsor di Kota Malang (Foto: Istimewa)
Malang -

BMKG Juanda memberikan peringatan dini Kota Malang masuk zona cuaca ekstrem. BMKG kembali melakukan pemutakhiran peringatan dini pada 18 Januari 2021 dengan memprakirakan wilayah Kota Malang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat pada pukul 16.30-18.30 WIB.

Prediksi tersebut benar terjadi, Kota Malang diguyur hujan lebat pada Senin (18/1/2021) sore. Hingga menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor di sejumlah titik.

BPBD Kota Malang mencatat, setidaknya ada 20 titik banjir yang tersebar di wilayah Kota Malang. Di antaranya, di Jalan Bandulan, Jala Ir Rais, Pertigaan Bandulan Barat, Jalan Candi, yang kesemuanya berada di wilayah Kecamatan Sukun.

Sementara di Kecamatan Lowokwaru, banjir terjadi di Jalan Sarangan dan Jalan Soekarno Hatta, untuk Kecamatan Blimbing, banjir terjadi di Jalan Raya Sulfat. Banjir di Kecamatan Kedungkandang terjadi di Jalan Danau Ranau, Jalan Danau Maninjau Raya, Jalan Danau Toba, dan Jalan Ranugrati.

Terakhir di wilayah Kecamatan Sukun, banjir terjadi di Jalan Bareng, Jalan Bukit Barisan, Jalan Galunggung, Jalan Kawi, Jalan Semeru, Jalan Kasin, dan Jalan HOS Cokroaminioto.

Ketinggian banjir pun bervariasi, antara ± 20 cm hingga yang terdalam mencapai kurang lebih 110 cm. Beberapa rumah terendam dan arus lalu lintas terhambat, sehingga menimbulkan kemacetan.

Selanjutnya
Halaman
1 2