Ada Potensi Multirisiko Bencana, BPBD Pacitan Ingatkan Warga Berhati-hati

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 17:46 WIB
Ada Potensi Multirisiko Bencana, BPBD Pacitan Ingatkan Warga Waspada
Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Fenomena gelombang tinggi berpotensi terjadi di sejumlah perairan di Tanah Air. Termasuk di antaranya Samudera Indonesia. BPBD Pacitan pun mengimbau masyarakat yang beraktivitas di laut lebih berhati-hati.

"Puncak Lanina pada bulan Januari-Februari ditandai intensitas angin kencang dan gelombang tinggi di pesisir selatan Jawa dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter," Kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Dianitta Agustinawati, Senin (18/1/2021).

Selain gelombang tinggi, curah hujan cukup tinggi diperkirakan akan terjadi hingga beberapa pekan ke depan. Tentu saja hal itu harus diwaspadai. Terlebih sebagian besar wilayah Pacitan merupakan gunung dan perbukitan yang rawan longsor.

Di sisi lain, sejumlah kawasan permukiman berada di dataran rendah. Ada pula tempat tinggal warga yang berdekatan dengan sungai. Keduanya masuk kategori rawan banjir. Oleh karenanya kesiapsiagaan mutlak diperlukan untuk meminimalisir risiko.

"Mohon selalu mewaspadai apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang bisa mengakibatkan tanah gerak kemudian di susul terjadinya longsor. Lalu di wilayah dataran rendah untuk selalu mewaspadai terjadinya banjir," pesan Dianitta.

"Sedangkan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah hilir atau pesisir untuk selalu mewaspadai terjadinya gelombang tinggi, termasuk bagi pengunjung wisatawan," tandasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2