Persiapan Vaksinasi, Pemkot Surabaya Dirikan Tenda di Balai Kota

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 21:07 WIB
Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana
Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Simbolis vaksinasi di Balai Kota Surabaya akan dilakukan, Jumat (15/1) besok pukul 08.30 WIB. Persiapan pun telah dilakukan sejak pagi. Mulai dari mendirikan beberapa tenda dan persiapan vaksinator.

Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana mengatakan, pihaknya sudah membersiapkan segala kebutuhan untuk vaksinasi COVID-19 besok di Balai Kota. Pagi ini ia juga telah mendapatkan SMS blast dari pusat untuk vaksinasi besok.

"Sudah kita siapkan di bawah ada tenda, ada 4 meja yang nanti kita mulai jam 08.30 bersama jajaran Forkopimda. Tadi pagi saya sudah dapat sms, vaksin bisa tanggal 15 besok," kata whisnu saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/1/2021).

Persiapannya sendiri di Balai Kota akan ada emoat meja dan 9 tenaga medis dari dokter RSUD dr Soewandhie dan puskesmas. Meja pertama untuk screening menunjukkan SMS blast yang dikirim dari pusat. Setelah itu ke meja dua screening komorbid sebelum divaksinadi.

"Karena ada aturan beberapa penyakit yang tidak boleh ikut vaksin di awal. Seperti diabet, tekanan darah tinggi, punya riwayat jantung, kanker, ispa dan lain-lain," jelasnya.

Setelah lolos screening di meja dua, kemudian menuju ke meja tiga untuk penyuntikan vaksin. Ada pun bilik yang disiapkan untuk laki-laki dan perembuan disendirikan.

"Setelah vaksin meja ke 4 untuk pendataan, berikutnya selesai," ujarnya.

Setelah semua tahap vaksinasi selesai, penerima vaksin harus menunggu beberaoa saat terlebih dahulu sembari melihat efek samping yang dirasakan. Pemkot Surabaya juga menyiapkan dua ambulan dan seluruh peralatan jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan.

"Iya untuk pemantauan kita siapkan 2 ambulan, kita siapkan seluruh peralatan kalau terjadi sesuatu. Tapi kita tidak berharap bisa lancar. Persiapan sudah matang. Kalau ada gejala lapor agar bisa segera ditangani," pungkasnya.

(bdh/bdh)