Soal Ponpes di Lamongan Terbakar, Polisi Amankan Satu Terduga Pelaku

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 19:16 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Lamongan -

Seorang terduga pelaku pembakar Pondok Pesantren Ma'had Al-Furqon di Laren, Lamongan ditangkap. Kini, polisi tengah mendalami keterangan peristiwa pembakaran itu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan pelaku ditangkap setelah ada laporan. Gatot menyebut pihaknya akan segera merilis kasus tersebut.

"Sudah diamankan dan masih didalami keterangannya. Kalau sudah tuntas, akan kami rilis," kata Gatot kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

Keterangan yang didapat sementara, terang Gatot, terduga tak lain adalah oknum santri Ponpes Ma'had Al-Furqon. Sedangkan dugaan motifnya sakit hati karena ijazah yang bersangkutan ditahan pihak ponpes.

ponpes yang terbakar di lamonganRak sepatu yang merembet hingga membakar ponpes/ Foto: Amir Baihaqi

"Keterangan terbaru dari terduga pelaku seperti itu," terang Gatot.

Gatot juga meluruskan bahwa terkait kabar pembakaran ponpes merupakan kabar tidak benar. Sebab yang dibakar hanya rak sandal yang kebetulan ada di depan gedung asrama.

"Bukan ponpesnya yang dibakar, tapi rak sandal yang ada di depan gedung asrama putra ponpes tersebut," tandas Gatot.

Peristiwa terbakarnya Ponpes Ma'had Al-Furqon terjadi pada Jumat (1/1/2021) sekitar pukul 11.50 WIB. Peristiwa itu kemudian dilaporkan dan diselidiki dari tim gabungan Polres Lamongan dan Polda Jatim.

(fat/fat)