Vaksinasi COVID-19 di Jatim Dilakukan Lima Tahap, Ini Detailnya

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 18:51 WIB
vaksin covid-19 tiba di surabaya
Vaksin covid-19 tiba di Surabaya beberapa waktu lalu (Foto file: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Alokasi vaksin COVID-19 tahap pertama, 52.990.424 dosis. Proses vaksinasi di Jatim melalui 5 tahap. Jubir Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril membenarkan hal itu.

"Ada 5 tahapan. Pertama untuk nakes, juga role mode khususnya para kepala daerah yang belum terpapar COVID-19," kata Jibril kepada detikcom, Selasa (12/1/2021).

Kedua untuk pelayanan publik, jelas Jibril, seperti TNI-Polri dan ketiga masyarakat rentan secara geospasial sosial dan ekonomi.

"Kedua Keempat masyarakat umum dan pelaku ekonomi. Kelima masyarakat rentan lainnya (lansia 60+)," ujarnya.

Untuk tahap pertama sendiri, Jibril menjelaskan Jatim sudah menerima 77.760 dosis vaksin pada 4 Januari lalu. Tahapan ini masuk pada tahap 1 termin 1 bulan Januari 2021.

Sasaran nakes pada tahap 1 vaksinasi sendiri, lanjut Jibril, ada 201.315 SDM kesehatan (Nakes) yang akan divaksin. Jumlah itu didapat dari data SI SDMK (Sosialisasi Informasi SDM Kesehatan) berbasis NIK per-4 Januari.

"201 Ribu SDM yang divaksin itu terdiri dari dokter, dokter spesialis, perawat, bidan, nakes lainnya, asisten nakes, tenaga penunjang. Ini yang masuk tahap pertama," imbuhnya.

Untuk tahap pertama ini, lanjut Jibril, nakes menjadi prioritas. Sedangkan pejabat/kepala daerah juga prioritas agar menjadi contoh kepada warganya.

Untuk lokasi vaksinasi di Jatim akan dimulai Kamis, 14 Januari. Untuk pejabat Pemprov Jatim dan daftar-daftar nama yang akan divaksinasi hari pertama akan dilaksanakan di RSU dr Soetomo Surabaya.

(fat/fat)