Penutupan Mal-mal Surabaya akan Diawasi Petugas Gabungan Saat PPKM

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 19:03 WIB
Banyak warga Surabaya yang menyempatkan berburu diskon akhir tahun di tengah pandemi COVID-19. Mereka shopping sampai pukul 20.00 WIB.
Mal di Surabaya (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Surabaya memastikan penutupan pusat perbelanjaan dan mal tutup pukul 20.00 WIB. Hal ini diputuskan Plt Whisnu Sakti Buana usai menggelar rapat koordinasi.

Kasatpol PP Eddy Christijanto mengaku terkait pembatasan operasional mal, pihaknya akan melakukan pengawasan bersama TNI dan Polri.

"Kita Satpol PP, Dinas Perdagangan, BPB linmas dan Polisi akan melakukan pemantauan di mal," kata Eddy saat dikonfirmasi detikcom, Senin (11/1/2021).

Eddy menambahkan semua mal harus mengikuti instruksi. Secara teknis pukul 20.00 WIB semua mal harus tutup.

"Jam 20.00 WIB harus tutup, mungkin tenant perlu waktu (Menutup) masih kita toleransi," lanjut Eddy.

Namun untuk hari-hari ke depan, Eddy mengungkapkan jika tidak mentaati aturan yang sudah berlaku, pihaknya akan melakukan penutupan mal.

"Kita terpaksa menutup mal," tambahnya.

Semula mengacu pada instruksi Mendagri pusat perbelanjaan dan mal tutup pukul 19.00 WIB. Namun Pemkot Surabaya memperhatikan kondisi real di Kota Pahlawan yang tidak masuk zona merah. Apalagi mal dan pusat perbelanjaan di kota lain tutup pukul 20.00 WIB.

(fat/fat)