Tips Bikin Materi Belajar Online dengan Video Ala Guru SMP di Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 10:36 WIB
Selama pandemi COVID-19 sekolah dialihkan ke daring. Kondisi ini memberikan tantangan baru bagi para guru.
Guru SMP Al Hikmah Surabaya, Afif Abdilah/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Selama pandemi COVID-19 sekolah dialihkan ke daring. Kondisi ini memberikan tantangan baru bagi para guru.

Sebab, mereka harus mengemas pelajaran semenarik mungkin agar siswa tidak bosan saat belajar online. Seperti dengan video animasi.

Guru SMP Al Hikmah Surabaya, Afif Abdilah pun memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan ketika membuat materi belajar dengan video. Agar siswa tidak bosan, video dikemas semenarik mungkin.

Afif membuat video pembelajaran bertema 'Suhu dan Skala Termometer' berdurasi tiga menit. Bahkan videonya itu masuk kategori video pembelajaran terbaik dari GTK Diknas Kemendikbud 2020 baru-baru ini.

Di dalam video pembelajarannya, Guru IPA ini membuat tema animasi MotoGP. Tentunya untuk lebih menarik minat siswa dalam belajar.

"Saya dekatkan dengan kehidupan nyata, yaitu suhu dan MotoGP. Karena biasanya di GP ada suhunya tapi skala fahrenheit di Indonesia skala celsius. Lalu saya masukan ke materi untuk mencari perbedaan skalanya," kata Afif kepada detikcom di SMP Al Hikmah, Selasa (5/1/2021).

"Saya pakai 78 derajat fahrenheit, siswa kan kalau 78 berarti panas sekali kalau di Indonesia maksimal 40 derajat celsius. Ketika saya berikan materi itu dan saya hitung hanya 25 derajat celsius. Di situ ada cara menghitung biar anak-anak bisa menghitungnya tanpa menghafal," jelasnya.

Tonton video 'Tips Agar Anak Nyaman di Rumah Selama Pandemi Corona ala Kak Seto':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2