Vaksin COVID-19 Menyeberang ke Bali Dengan Kapal Khusus

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 23:44 WIB
vaksin covid-19
Truk pembawa vaksin naik ke kapal menuju ke Bali (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Vaksin COVID-19 untuk Bali diseberangkan melalui Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Dengan pengawalan ketat, rombongan pembawa vaksin langsung menuju kapal yang sudah disiapkan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang.

Vaksin tersebut tiba di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, sekira pukul 20.00 WIB, Senin (4/1/2021). Selang 15 menit kemudian mobil boks yang membawa vaksin kemudian masuk ke kapal KMP Prathita.

Pengawalan polisi bersenjata lengkap dan dua unit mobil Barakuda milik Polda Jatim pun dilakukan saat di Pelabuhan ASDP Ketapang. Sebelum masuk ke kapal pun dilakukan sterilisasi oleh petugas bersenjata lengkap.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Fahmi Alweni mengatakan pihaknya sengaja telah menyiapkan kapal khusus yang akan membawa rombongan mobil vaksin menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

vaksin covid-19Barakuda mengawal truk pembawa vaksin ke Bali (Foto: Ardian Fanani)

"Kita siapkan kapal khusus. Ada kapal KMP Prathita yang tidak ada penumpang selain rombongan vaksin," ujarnya kepada detikcom.

Kapal tersebut berlayar selama kurang lebih 30 menit. Di Pelabuhan Gilimanuk, ada satu dermaga khusus pula yang akan digunakan untuk kapal sandar.

"Jadi tidak menunggu lagi antrean masuk ke dermaga," tambahnya.

Pihaknya membantu memperlancar distribusi vaksin COVID-19 ini dengan harapan agar penularan COVID-19 bisa ditekan. Selain itu, vaksin COVID-19 ini merupakan harapan baru perputaran ekonomi yang saat ini lesu.

"Kami harap agar distribusi lancar dan bisa meminimalisir adanya penularan COVID-19," pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Kompol Kadek Ary Mahardhika mengatakan pengawalan distribusi vaksin untuk Propinsi Bali dilakukan ketat oleh personel kepolisian Banyuwangi. Pengawalan dimulai dari Hutan Baluran hingga masuk ke kapal.

"Kita kawal dari Baluran hingga Ketapang sampai masuk kapal. Tidak ada hambatan. Ada beberapa unit yang mengawal juga dari Jakarta menuju Surabaya hingga Banyuwangi. Mulai dari Denwal PJR Dirlantas Polda Jatim, PJR unit V juga serta Turjawali Polresta Banyuwangi," pungkasnya.

(iwd/iwd)