Warga Blitar Manfaatkan Potensi Alam di Tengah Kejenuhan Pandemi COVID-19

Erliana Riady - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 08:50 WIB
warga Blitar ini berusaha bangkit dengan memanfaatkan potensi alam
Siluet di atas daun jati (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Jenuh berjualan online saat pandemi COVID-19, seorang warga Blitar berusaha bangkit dengan memanfaatkan potensi alam. Terciptalah gambar siluet estetis dari teknik cutting di atas media daun jati.

Dengan melirik kegiatan temannya yang kreatif memanfaatkan potensi alam yang ada di Dusun Bumirejo, Desa Resampombo Kecamatan Doko, ide pemuda berusia 30 tahun itu muncul saat melihat daun jati meranggas. Bagian daun terlepas yang meninggalkan motif estetis, memunculkan imaginasi Prantiono pada gambar siluet wajah. Diapun membeli sebuah alat cutting seharga Rp 19 ribu secara online.

"Nyobanya puluhan kali. Gagal coba lagi, sampai saya menemukan teknik cutting yang membuat mood saya nyaman ketika mengerjakannya," ujar Prantiono kepada detikcom, Senin (4/1/2021).

Jadi, daun yang bisa dicutting tidak dalam kondisi kering 100 persen. Karena akan mudah pecah ketika dipotong bagian kecilnya. Pran, kemudian menyemprotkan cairan alkohol dan mempres daun jati di dalam dua benda yang permukaannya rata.

Jiwa seni tak bisa lepas dari proses pembuatan gambar siluet di media daun jati ini. Pran mengaku, selain butuh kesabaran, kecermatan dan ketelitian ekstra, dia harus menjaga moodnya agar terbentuk gambar yang indah.

Selanjutnya
Halaman
1 2