Wisatawan Libur Nataru Sepi, Target Kunjungan Ke Pacitan Hanya Capai 40%

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 22:13 WIB
wisata di pacitan
Wisata pantai di Pacitan yang sepi pengunjung (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Jakarta -

Hari terakhir libur nataru, kunjungan wisata ke Pacitan relatif sepi. Pengunjung yang datang didominasi wisatawan lokal. Sebagian lainnya merupakan wisatawan luar daerah yang datang secara rombongan.

"Iya. Muter-muter kota dulu. Nanti baru ke pantai," kata peserta touring sepeda motor asal Nganjuk, Giyanto ditemui detikcom di perempatan Cuwik, Minggu (3/1/2021).

Seperti dikatakan Giyanto, pantai menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan luar daerah seperti dirinya. Bahkan sebagian berangkat sejak malam hari sebelumnya sehingga bisa datang lebih dini di lokasi yang dituju.

Pantauan detikcom di Pantai Pancer Door, ada puluhan sepeda motor berjajar di area parkir. Demikian pula dengan angkutan roda empat. Ada dua Isuzu Elf terparkir di area tersebut.

Menjelang senja sejumlah wisatawan memilih duduk-duduk di gardu pandang. Tak sedikit pula yang bermain di hamparan pasir berkejaran dengan ombak yang sesekali menyapu pantai. Di kawasan taman juga ada beberapa orang tengah ngobrol.

"Sempatnya baru sekarang sih. Telat dikit nggak apa-apa, yang penting bisa refreshing," ucap Aji Pratama, warga Kecamatan Tulakan yang datang berboncengan dengan rekannya.

Sepinya kunjungan wisata ke Pacitan selama libur nataru dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Andi Faliandra. Selain karena dampak pandemi COVID-19, hal itu diduga berkaitan dengan fenomena cuaca buruk yang terjadi belakangan ini.

Andi menyebut kemeriahan libur akhir tahun kali ini memang jauh berbeda dibanding momen yang sama tahun sebelumnya. Pun begitu Andi bersyukur momen liburan berjalan aman dan lancar tanpa gangguan berarti.

"Kita hanya mencapai 40 persen dari target kunjungan wisata ke Pacitan tahun 2020," tandasnya tanpa menyebut jumlah wisatawan yang diproyeksikan datang selama setahun terakhir.

Andi berharap pandemi yang melumpuhkan hampir semua sektor termasuk pariwisata segera berakhir. Pergantian tahun juga diharapkan memunculkan semangat baru bagi semua pemangku kepentingan untuk membangun kepariwisataan di Pacitan.

(iwd/iwd)