Diterjang Hujan Deras, 3 Titik Tanggul di Lamongan Jebol

Eko Sudjarwo - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 17:35 WIB
tanggul jebol di lamongan
Warga dan aparat memasang karung isi pasir mengganti tanggul yang jebol (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Curah hujan tinggi mengakibatkan 3 tanggul sungai di Lamongan jebol. Tiga tanggul yang jebol tersebut berada di 3 titik lokasi yang berbeda akibat tingginya debit air sungai.

Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin mengatakan ketiga tanggul tersebut berada di 3 tempat terpisah, yaitu tanggul yang ada di Dusun Plalangan, Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan yang jebol sepanjang 5 meter, tanggul yang ada di Desa Made, Kecamatan Lamongan jebol sepanjang 10 meter dan tanggul Dusun Blungkan, Desa Sendangrejo Kecamatan Lamongan yang jebol sepanjang 5 meter.

"Semua tanggul ini berada di aliran sungai Kali Plalangan," kata Muslimin kepada wartawan, Minggu (3/1/2021).

Dikatakan Muslimin, akibat jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan puluhan rumah dan sawah terendam banjir. Saat ini, kata Muslimin, ketiga tanggul ini sudah dalam perbaikan.

"Sudah dalam perbaikan," kata Muslimin.

Sementara, puluhan anggota TNI dari Koramil Kota 0812/01 dengan dibantu anggota polsek dan warga setempat langsung berbondong-bondong membantu jebolnya tanggul dengan karung yang diisi tanah dan pasir.

"Semuanya berharap dengan ditutupnya tanggul yang jebol tersebut tidak terjadi lagi genangan ketika turun hujan lebat," kata Danramil 0812/01 Kota Mayor Kav Taruji seraya menjelaskan kegiatan yang dilakukan ini melibatkan puluhan orang.

Tonton juga 'Puluhan Rumah di Kudus Banjir Gegara Tanggul Sungai Gelis Jebol':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2