Dewi Andongsari Dipercaya Sebagai Ibunda Gajah Mada, Makamnya Ada di Lamongan

Dewi Andongsari Dipercaya Sebagai Ibunda Gajah Mada, Makamnya Ada di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 08:56 WIB
Lamongan -

Banyak cerita tentang asal usul Gajah Mada. Salah satu cerita tutur yang berkembang, Gajah Mada berasal dari Lamongan. Selain cerita tutur, di Lamongan juga ada makam yang dipercaya sebagai makam ibunda Gajah Mada .

Ya, salah satu makam yang lebih dikenal masyarakat Lamongan sebagai makam ibunda Gajah Mada itu adalah makam Dewi Andongsari. Makam yang berada di puncak bukit Gunung Ratu Dusun Cancing, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang ini diyakini masyarakat sekitar sebagai pusara ibunda Gajah Mada.

Cerita tutur masyarakat menyebut di bukit yang oleh warga dikenal dengan sebutan Gunung Ratu inilah tempat Dewi Andongsari menjalani hari-harinya sampai akhirnya melahirkan Joko Modo atau yang kemudian dikenal sebagai Gajah Mada, sang mahapatih Majapahit yang terkenal dengan sumpah palapanya.

Untuk menuju makam yang sudah direhab oleh Pemkab Lamongan itu, peziarah harus menaiki tangga undakan. Ratusan anak tangga harus dilewati untuk sampai di puncak Gunung Ratu. Setelah sekitar 30 menit, pengunjung akan sampai pada puncak bukit.

ibu gajah madaFoto: Eko Sudjarwo

Dari pusat kota Lamongan, situs Gunung Ratu berada pada jarak sekitar 65 kilometer ke arah selatan, sementara untuk akses jalan menuju lokasi juga sudah terbilang bagus dan jalan menuju makam sudah direhab oleh pemerintah.

"Situs Makam Dewi Andongsari ini dikenal oleh masyarakat sebagai makam Ibunda Gajah Mada ," kata Kepala Desa Sendangrejo, Suwaji, Minggu (3/1/2021).

Di bawah pohon besar dan dikelilingi tembok dengan atap tertutup, di sanalah makam Dewi Andongsari. Makam itu membujur ke utara dan selatan, dengan dilengkapi tiga payung warna emas dan juga berhias bendera merah putih.

Bukit ini, tutur Suwaji, dulunya merupakan petilasan dari Dewi Andongsari yang diusir dari Majapahit karena iri hati dari permaisuri Dara Petak dan Dara Jingga hingga Dewi Andongsari melahirkan seorang anak yang dikenal oleh warga sekitar dengan nama Joko Modo atau Gajah Mada.