Situs Sitinggil, Peninggalan Megalitikum yang Jadi Tempat Main Gajah Mada

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 12:29 WIB
Situs Sitinggil berada di Kecamatan Modo. Situs ini istimewa sebagai peninggalan zaman megalitikum.
Situs Sitinggil di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Situs Sitinggil berada di Kecamatan Modo. Situs ini istimewa sebagai peninggalan zaman megalitikum.

Bahkan warga sekitar percaya, situs itu sebagai petilasan Jaka Mada atau Mahapatih Majapahit, Gajah Mada waktu muda.

Situs Sitinggil tepatnya berada di Dusun Bendo, Desa Mojorejo, Kecamatan Modo, Lamongan. Lokasinya berada jauh dari desa, di tengah hutan jati. Dari jalan desa agak naik ke atas dengan jarak sekitar 200 meter dan tak jauh dari pemakaman umum desa setempat.


Warga mengenal situs ini dengan nama Sitinggil, karena letaknya yang lebih tinggi dari kawasan di sekitarnya. Dengan luas bangunan sekitar 6x6 meter untuk bagian bawah atau dasarnya, dan puncaknya memiliki luas sekitar 2x2 meter. Tingginya sekitar 2 meter.

"Situs Sitinggil ini adalah sebuah bangunan punden berundak zaman megalitikum," kata Pemerhati budaya Lamongan, Supriyo, dalam perbincangannya dengan wartawan, Sabtu (6/6/2020).

Supriyo mengungkapkan, situs Sitinggil sudah diidentifikasi oleh pemerintah kolonial Belanda saat itu, sebagai salah satu peninggalan masa megalitikum, berupa bangunan punden berundak. Pinggiran situs ditopang juga oleh susunan bebatuan.

"Dalam hal Sitinggil memang keterangan dari foto badan arkeologi Belanda menyebutnya sebagai bangunan megalitik," jelas Priyo yang juga Ketua Lesbumi Lamongan.

Tonton juga 'Menengok Situs Megalitikum di Kabupaten Bondowoso':

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2