Tak Ada Perayaan Tahun Baru di Kawah Ijen Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 13:47 WIB
Traveler tak bisa merayakan tahun baru di Kawah Ijen. Sebab, ada penutupan sementara yang dilakukan oleh pengelola.
Kawah Ijen Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Traveler tak bisa merayakan tahun baru di Kawah Ijen. Sebab, ada penutupan sementara yang dilakukan oleh pengelola.

TWA Kawah Ijen akan ditutup sementara mulai tanggal 31 Desember 2020 hingga tanggal 3 Januari 2021. Hal ini menyusul diterbitkannya Surat Edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Nomor 1569/K.2/BIDTEK.1/KSA/12/2020, tentang Penutupan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

Dalam SE tersebut, penutupan TWA Kawah Ijen merupakan upaya mendukung kebijakan pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19, selama masa libur menyambut tahun baru 2021.

"Benar. Sudah terbit surat edaran dari BBKSDA Jawa Timur untuk menutup sementara TWA Kawah Ijen," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah V BBKSDA Jawa Timur Purwantono saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (30/12/2020).

Penutupan TWA Ijen, kata Purwantono, sudah disosialisasikan melalui website resmi BBKSDA. Termasuk juga kepada para pelaku wisata yang sehari-hari mengais rezeki di kawasan tersebut.

"Sudah kita sosialisasikan baik kepada pengunjung maupun pelaku wisata. Kita beri pengertian ini adalah upaya yang terbaik untuk menekan laju penyebaran COVID-19," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2