Kawah Wurung Bondowoso Tak Ditutup, Tapi Pengunjung Akan Di-rapid Antigen

Chuk S Widarsha - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 13:10 WIB
kawah wurung
Foto: Chuk S Widarsha
Bondowoso -

Obyek wisata Kawah Wurung di Bondowoso memang tak ditutup saat libur Nataru. Namun aturan ekstra ketat tentang protokol kesehatan akan diterapkan.

Protokol kesehatan ketat akan dilakukan pada para wisatawan. Yakni pembatasan jam kunjung, hingga tes antigen yang dilakukan secara random pada pengunjung.

"Kami akan lakukan tes antigen secara random pada pengunjung," jelas Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, ditemui saat melakukan sidak ke Kawah Wurung, Rabu (30/12/2020).

kawah wurungKawah Wurung (Foto: Chuk S Widarsha)

Menurut Erick, jika dari tes antigen itu ditemukan pengunjung yang positif, akan langsung dilakukan karantina terhadap yang bersangkutan.

"Begitu terdeteksi ada yang positif, langsung kami karantina kemudian diswab," papar Erick.

Tak cuma itu. Jam kunjungan juga akan dibatasi. Yakni pukul 7-5 sore. Selebihnya, harus kembali pulang. Tak ada alasan untuk bermalam maupun camping saat malam pergantian tahun nanti.

"Protokol kesehatan juga akan diterapkan secara ketat. Yang tak pakai masker, silakan beli dulu jika ada, atau putar balik," tegas Kapolres.

Untuk diketahui, potensi membludaknya pengunjung ke Kawah Wurung memang sangat besar. Hal itu menyusul surat edaran dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Dalam surat edaran bernomor 1569/K 21BIDTEK 1/KSA/12/2020 itu, Kawah Ijen ditutup untuk wisatawan terhitung sejak tanggal 31 Desember 2020 hingga tanggal 3 Januari 2021.

(iwd/iwd)