Sejarah Pelat P, Nomor Kendaraan di Eks Karesidenan Besuki

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 12:20 WIB
pelat p di banyuwangi
Pelat P di eks karesidenan besuki sejak zaman dahulu (Foto: Istimewa)
Banyuwangi -

Pelat nomor kendaraan di Indonesia tak bisa dilepas dari sejarah kedatangan bangsa Inggris di Indonesia. Foto bukti kendaraan berpelat nomor seperti saat ini di Banyuwangi ditemukan di museum foto di Belanda.

Salah satu pemerhati sejarah Blambangan, Taufiq Saleh mengatakan, banyak foto-foto zaman penjajahan kondisi Banyuwangi saat itu. Termasuk beberapa kendaraan yang ada di Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini. Dan pelat nomor kendaraan saat itu yakni P.

"Kita mendapatkan banyak literatur dari Leiden University Libraries-Digital Collections. Banyak foto sejarah Banyuwangi. Termasuk kendaraan yang ada di Banyuwangi. Saat itu ada foto sekitar tahun 1920-an mobil kuno sudah pakai plat nomor P," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (26/12/2020).

Pelat P digunakan oleh kendaraan di Eks Karesidenan Besuki. Di antaranya, Banyuwangi, Situbondo, Jember dan Bondowoso. Tak hanya digunakan untuk mobil, tapi juga sudah digunakan sepeda motor pada zaman itu.

"Juga untuk kendaraan roda dua. Ada foto judulnya Van de Berg, Passchier en Wies Meyer op een motorfiets, vermoedelijk te Banjoewangi. Di sana kendaraan roda dua sudah menjadi kendaraan yang handal pada zaman itu," tambahnya.

Taufiq mengakui, pihaknya bersama dengan rekan-rekan yang lain terus mengumpulkan bukti-bukti sejarah Banyuwangi atau Blambangan. Namun sayang, karena rujukan banyak dimiliki oleh negara Belanda, pihaknya hanya bisa mengamati dari online.

"Kami sempat membuat museum Sukowidi. Disana kita kumpulkan bukti sejarah zaman pada saat itu. Kita ingin menunjukkan bahwa Banyuwangi saat itu juga maju. Mulai dari banyaknya pabrik hingga kendaraan. Termasuk waktu dulu adanya pemberangkatan haji via laut juga ada di Pantai Boom itu ada fotonya," pungkasnya.

(fat/fat)