Daun Kelor dan Meniran Antar Siswa SMAN 3 Sidoarjo Juarai KIR Internasional

Suparno - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 10:58 WIB
sman 3 sidoarjo
Daun kelor dan meniran antar siswa SMAN 3 Sidoarjo juarai KIR internasional (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Daun kelor dan daun meniran membawa Siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo menjuarai Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) Internasional. Mereka mampu menyingkirkan 400 tim dari 30 negara.

Daun kelor dan daun meniran ini mampu diubah 5 siswa ini menjadi minuman yang bisa meningkatkan imun tubuh dan mengatasi obesitas.

Lima siswa inovatif ini adalah Fadillah Sherly Pratama 11 Mipa 5, Aziz Chandra Ruwardy 12 MIPA 5, Desicha Veralowri 12 MIPA 2, Thania Febriyanti 11 MIPA 5, Pincha Reyna Pio 10 MIPA 8, dan Zita Azra Azarine Nabilah 10 MIPA 6.

Fadillah sebagai ketua tim menamakan ramuan dari daun kelor dan daun meniran tersebut dengan nama 'magic cube'. Ramuan ini berhasil menggondol medali emas di ajang International Science Invention Fair (ISIF) di bidang kesehatan yang digelar bulan lalu secara daring.

sman 3 sidoarjoFoto: Suparno

"Penelitian kami lakukan mulai Agustus hingga Oktober. Sementara itu hasil karya dikirim 8 hingga 9 November 2020. Presentasinya melalui virtual, alhamdulilah mendapatkan prestasi yang memuaskan dan membanggakan bagi SMA Negeri 3 Sidoarjo," kata Fadillah di sekolahnya, Sabtu (26/12/2020).

Daun kelor dan daun meniran dipilih karena kedua daun tersebut mudah didapat. Khasiatnya juga saling melengkapi. Daun kelor mempunyai kandungan tanin yang berkhasiat meningkatkan imun sedangkan saponin yang terkandung dalam daun meniran bisa membantu sel untuk membunuh virus dan menyerap lemak.

"Cara pembuatannya yang pertama, dicuci kedua daun tersebut. Setelah kering, kemudian dihaluskan sampai berukuran mikro. Dengan ditumbuk atau di blender, kemudian kita racik dengan perbandingan 50 persen daun kelor dan 50 persen daun meniran," tambah Fadillah.

Fadillah menjelaskan agar melekat, adonan daun tersebut dicampur dengan gelatin lalu disimpan di dalam kulkas. Untuk penggunaanya, magic cube tersebut cukup dilarutkan dengan air hangat sebelum diminum. Cara minumnya dalam satu minggu cukup satu gelas.

"Jadi magic cube ini berfungsi selain meningkatkan imun tubuh sekaligus mengatasi obesitas," jelas Fadillah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Ristiwi Peni mengapresiasi karya ilmiah para siswanya. Kegigihan dan ketelatenan mereka patut ditiru siswa yang lain. Meski di saat pandemi COVID-19 mereka tetap melakukan penelitian.

"Hasil karyanya dan prestasinya wajib ditiru siswa yang lain. Mereka akan diberikan reward karena sudah membanggakan sekolahnya di tingkat internasional," kata Ristiwi.

(iwd/iwd)