Risma Terkejut Piala Dunia U-20 Ditunda

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 16:28 WIB
mensos risma
Mensos Risma (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Piala Dunia U-20, yang akan di gelar di Indonesia pada 2021, resmi dibatalkan oleh FIFA. Pandemi COVID-19 menjadi penyebabnya. Rencananya, event yang sama diundur pada 2023.

Mensos Risma mengaku terkejut atas ditundanya Piala Dunia U-20. Padahal Risma, yang sebelumnya menjadi Wali Kota Surabaya, sedang getol-getolnya merenovasi Stadion Gelora Bung Tomo khusus untuk gelaran tersebut.

"Diundur, oh ya, la stadion rusak selakan (la stadionnya keburu rusak nanti)," kata Risma kepada wartawan di Kafe Bober, Jemursari, Surabaya, Jumat (25/12/2020).

Risma mengatakan persiapan renovasi Stadion GBT sudah dikebut untuk memenuhi standar FIFA. Meski begitu, Risma memaklumi penundaan tersebut demi kebaikan bersama karena masih dalam pandemi COVID-19.

"Piye terusan, padahal ngebut dalan (bagaimana kemudian, padahal kebut perbaikan jalan), iya nggak apa-apa, nggak ada yang salah," ungkap Risma.

Risma mengaku, jika Piala Dunia diadakan pada 2023, proses renovasinya juga menjadi lebih mahal. Menurut Risma, harga pembelian alat-alat seperti seat (kursi) pastinya ikut naik.

"Toh nanti misalkan kita mengadakan tahun 2023, itu juga semuanya sudah mahal. Misalkan kursi saja akan naik sekian persen. Terus misalkan jalan, pembebasan jalan pasti akan naik," ungkap Risma.

Saat menjadi Wali Kota Surabaya, Risma mengaku harga tanah pada saat pembebasan lahan untuk akses jalan menuju GBT mulai Rp 1,9 juta sampai Rp 20 juta. Namun Risma kembali memaklumi penundaan tersebut.

"Jadi nggak apa-apa. Mungkin uang sekarang cukup, tapi nanti (2023) agak sulit. Tapi nggak apa-apalah. Kadong apik gitu, uapik stadione (telanjur bagus, bagus sekali stadionnya)," tandas Risma.

Tonton video 'Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)