Piala Dunia U-20 Ditunda di Tengah Renovasi GBT, Apa Kata Pemkot Surabaya?

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 15:37 WIB
Renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 terus dikebut. Saat ini masuk tahap penggantian rumput stadion.
Renovasi Gelora Bung Tomo (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Piala Dunia U-20 yang akan digelar Indonesia pada tahun 2021 akhirnya ditunda oleh FIFA dengan alasan masih pandemi COVID-19. Gelaran itu mundur ke 2023. Lantas bagaimana nasib Stadion Gelora Bung Tomo yang tengah direnovasi untuk event tersebut?

Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan proses renovasi stadion dan pembangunan lapangan pendukung masih berjalan.

"Kalau proses pembangunan masih sesuai rencana semula bulan Februari FIFA mau cek lokasi. Jadi masih proses, masih kita kebut semua sesuai kontrak yang sudah berjalan," kata Iman Krestian saat dihubungi detikcom, Jumat (25/12/2020).

"Kemarin juga sudah ada instruksi Presiden juga segera menyiapkan hal itu sebelum adanya penundaan FIFA ini. Jadi kita kebut semuanya sesuai instruksi Presiden," lanjut Iman.

Menpora Zainudin Amali bersama Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengecek renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (18/9/2020). Stadion kebanggaan Kota Pahlawan itu merupakan salah satu venue Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.Foto: Istimewa/Kemenpora

Terkait penundaan, Iman mengaku tidak ada masalah. Sebab menurutnya selain diperuntukkan untuk gelaran Piala Dunia U-20, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) masih bisa digunakan untuk warga Surabaya.

"Kalau penundaan sih tidak ada masalah. Sebenarnya tidak dipakai untuk Piala Dunia, bisa dipakai juga buat warga, klub olahraga. Jadi masih tetap kita buka. Jadi bisa dimanfaatkan oleh warga juga. Memang tujuannya buat warga, bukan untuk Piala Dunia saja," jelas Iman.

Iman menambahkan pihaknya sudah menyiapkan pemeliharaan lapangan selama tidak digunakan untuk venue Piala Dunia U-20.

Sejumlah perbaikan tengah dilakukan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Hal itu dilakukan untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.Foto: ANTARA FOTO/MOCH ASIM

"Pemeliharaan sudah kita siapkan. Jadi tanpa ada Piala Dunia pun pemeliharaan harus tetap dijalankan," ujar Iman.

Pemeliharaan Stadion Gelora Bung Tomo, menurut Iman dalam tiga bulan ke depan masih masuk dalam masa pemeliharaan kontraktor konstruksi pembangunan.

"Selama tiga bulan masih ada pemeliharaan dari kontraktor pelaksana. Tapi nanti ke depannya akan dikelola oleh Satgas Dispora atau Satgas Cipta Karya untuk pemeliharaan ringan. Tapi untuk pemeliharaan rutin kita akan mengontrak kontraktor profesional. Iya nanti lewat lelang," tandas Iman.

Simak video 'PSSI Targetkan Indonesia Juara Piala Dunia U-20 2023':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)