Misa Natal di Gereja Katolik Pacitan Digelar Bergelombang di Masa Pandemi

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 15:11 WIB
gereja katolik St Fransiskus Xaferius
Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Gereja Katolik di Pacitan punya cara berbeda mencegah kerumunan saat perayaan Natal. Pihak gereja menyelenggarakan misa dalam beberapa gelombang. Jumlah jemaat yang ikut ibadah pada tiap penyelenggaraan misa pun dibatasi.

"Misa diselenggarakan pada tiga waktu berbeda," kata imam Gereja Katolik St Fransiskus Xaferius, Romo Sabas Kusnugroho berbincang dengan detikcom, Kamis (24/12/2020) siang.

Adapun pembagian waktu ibadah tersebut, lanjut Romo Sabas, sebanyak dua kali pada tanggal 24 Desember dan sekali pada tanggal 25 Desember. Pada kesempatan pertama misa dilaksanakan pukul 17.00 dan 19.00 WIB.

"Sedangkan bertepatan tanggal 25 Desember misa kita laksanakan pukul 07.00 WIB," tambahnya.

Dikatakan, dalam kondisi normal ruangan gereja dapat menampung hingga 200 orang. Tentu saja dengan pembagian waktu penyelenggaraan ibadah, jumlah jemaat yang hadir mengikuti misa dapat dibatasi. Yakni maksimal 50 orang.

Sebelumnya pihak gereja menyampaikan pengumuman kepada seluruh jemaat. Intinya, mereka yang akan hadir pada ibadah Natal harus mendaftar terlebih dahulu melalui WhatsApp. Pengurus majelis gereja lalu menempatkan masing-masing jemaat sesuai kuota yang ada.

"Seorang jemaat yang sudah ikut misa petang atau malam hari maka esok harinya tidak diperkenankan ikut. Di sisi lain yang malam harinya belum ikut misa bisa hadir keesokan harinya," katanya.

Proses pendaftaran selain bertujuan mengatur penempatan jemaat juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi masing-masing individu. Tiap jemaat yang datang akan mendapatkan kupon sesuai nomor pendaftaran.