Tak Perlu Antigen, Melancong ke Kota Batu Boleh Pakai Rapid Test Antibodi

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 15:34 WIB
wisata di batu
Kota Wisata Batu (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu -

Syarat wajib rapid antigen saat liburan Natal dan Tahun Baru tak berlaku bagi Kota Batu. Wisatawan asal luar kota boleh masuk Kota Batu hanya dengan menunjukkan hasil tes cepat atau rapid test antibodi.

"Bukan rapid antigen. Tidak ada kewajiban seperti itu, namun harus rapid biasa," kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kepada wartawan di Balai Kota Among Tani, Selasa (22/12/2020).

Menurut Dewanti, wisatawan sebelum bepergian tentu akan terlebih dahulu memperhatikan kondisi kesehatannya. Karena jika individu merasa tidak enak badan, maka tidak akan melakukan perjalanan wisata.

Dewanti juga memastikan tidak akan ada penutupan obyek wisata di Kota Batu, selama libur Natal dan Tahun Baru. Karena, keputusan menutup obyek wisata, akan justru berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Jadi semakin banyak destinasi, maka wisatawan akan terpecah kerumunannya. Pengelola wisata juga memberlakukan protokol kesehatan, termasuk membatasi jumlah pengunjung," tegasnya.

Pemkot Batu juga mengizinkan pengelola hotel untuk menggelar event skala lokal. Tanpa mengundang artis dari luar kota, demi mencegah sebaran virus COVID-19.

"Oleh sebab itu kami mengizinkan hotel untuk melakukan event skala lokal. Jadi tidak boleh mengundang artis dari luar kota," tuturnya.