Jenazah COVID-19 Kota Pasuruan Kini Sudah Bisa Dimakamkan di TPU

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 21 Des 2020 12:21 WIB
Satgas Penanganan COVID-19 menyebut Kabupaten Pasuruan masuk dalam 20 daerah dengan angka kematian di atas 100 kasus. Pemkab Pasuruan menyebut, kasus paling banyak berasal dari rumah sakit luar daerah.
Salah satu pemakaman jenazah pasien COVID-19 di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Jenazah positif COVID-19 Kota Pasuruan sudah bisa dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU). Sebelumnya semua jenazah COVID-19 harus dimakamkan di tempat pemakaman khusus.

Tempat pemakaman khusus COVID-19 berada di Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Kapasitas tempat pemakaman ini sebanyak 150.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, dr Shierly Marlena, mengatakan pemakaman di TPU bisa dilakukan dengan beberapa syarat. Pasien sudah dilakukan pemulasaran stardar COVID-19 dan mendapat persetujuan warga sekitar.

"Untuk pasien COVID-19 bisa dimakamkan di tempat pemakaman umum dengan persetujuan warga sekitar, asalkan sudah dilakukan pemulasaraan secara COVID-19," kata Shierly Marlena, Senin (21/12/2020).

Salah satu TPU yang sudah menerima jenazah positif COVID-19 yakni TPU Gadingrejo. Tercatat sudah enam jenazah COVID-19 dikebumikan di tempat ini.

Angka kumulatif kasus COVID-19 Kota Pasuruan hingga saat ini 934. Sebanyak 794 pasien sudah sembuh, 38 pasien dirawat, dan 102 pasien meninggal.

"38 pasien aktif dirawat di rumah sakit dan tempat karantina. Tempat karantina di rumah dinas wali kota serta empat kecamatan," pungkas Shierly.

(iwd/iwd)