Ada Kolor dan Montok, Nama-nama Sekolah di Jawa Timur Ini Bikin Ngakak

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 13:58 WIB
nama sekolah unik di jatim
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Selain prestasi dan perkembangannya yang terus maju, Jawa Timur juga memiliki sekolah dengan nama-nama unik. Nama sekolah itu ada yang mengikuti dari nama kecamatan yang ada. Tentu saja nama-nama ini tidak serta merta langsung ada. Ada cerita tersendiri dari nama yang ada.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan foto nama sekolah dan yang unik di dalam akun Instagramnya. Akun @khofifah.ip mengunggahnya pada 3 Desember 2019 lalu.

Berikut 9 nama sekolah di Jatim yang memiliki nama unik:

1. SDN Malingmati
Pertama kali mendengar nama sekolah ini, pikiran langsung terlintas pada maling (pencuri) yang meninggal. Sekolah ini rupamya mengikuti nama desanya yang berada di Desa Malingmati juga, di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Gubernur Khofifah pernah mengunggah SDN Malingmati II ini di akun Instagram pribadinya.

2. SD Negeri Gelap
Tenang saja, nama SDN Gelap bukan berarti tidak ada cahaya di sekolah ini. Sekolah yang dinaungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini ada di Kecamatan Laren. Wilayah desa ini juga cukup pelosok. Tak jauh dari Desa Gelap, terdapat hutan jati.

3. SDN Montok
Ketika mendengar namanya, jangan langsung berpikir aneh-aneh dulu. Di Pamekasan, Madura terdapat SDN Montok. Nama sekolah ini mengikuti desanya, yaitu Desa Montok. Kecamatannya pun juga memiliki nama yang unik, yakni Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Nama sekolah unik lagi di Jatim, berikut penjelasannya.

4. SDN Sumberdukun
SDN Sumberdukun ini juga mengikuti nama desanya, Desa Sumberdukun yang ada di Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Sekolah dan desa ini tidak memiliki banyak dukun, melainkan dari cerita zaman dahulu terdapat dukun yang berjasa besar menemukan sumber mata air.

5. SDN Nglawak
Sama halnya dengan SDN Sumberdukun, SDN Nglawak juga ada di desa hang memiliki nama sama, yaitu Desa Nglawak di Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Dari namanya pasti mengira sekolah ini isinya guru dan siswa yang suka nglawak, ternyata orang-orang di desa ini memang suka "ndagel" hingga membuat orang lain tertawa ngakak.

6. SDN Kolor
Ada-ada saja yang memberi nama. SDN Kolor ini berada di Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, ini memiliki bangunan yang luas, yakni 4.190 M². Sekolah ini pun memiliki banyak siswa, sekitar 300 anak didik mencari ilmu.

nama sekolah unik di jatimNama sekolah unik di Jatim/ Foto: Tangkapan Layar

7. SDN Jerukpurut
Mendengar namanya langsung teringatkan oleh sambel dan nasi hangat yang sial disantap. SDN Jerukpurut adalah nama sekolah di Kecamatan Gempol, Kabupatem Pasuruan, Jawa Timur. Sekolah ini tidak terlalu memiliki siswa banyak, jika dilihat dari data Kemendikbud sekitar 220 anak didik.

8. SDN Jerukseger
Nama SDN Jeruksegar menjadi terbayang akan minuman jeruk yang segar saat dinikmati ketika siang dan ditambah es batu. Sekolah ini berada di Kecamatam Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dengan luas 5.322 M² dengan jumlah siswa lebih sedikit dari SDN Jerukpurut, yaitu sekitar 160 anak.

9. SMK Sore Masuk Pagi
Nama SMK Sore Masuk Pagi yang ada di Desa Manisrejo, Kota Madiun, Jawa Timur ini terkesan tidak konsistan. Katanya sekolah Sore tapi masuknya di pagi hari, benar-benar nama sekolah yang unik.

(fat/fat)