Emak-emak di Pacitan Ini Bikin Kerupuk dari Tulang Ikan Tuna

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Sabtu, 19 Des 2020 16:59 WIB
Emak-emak di Pacitan ini tergolong kreatif. Sadar produksi tuna di daerahnya melimpah, dia pun memelopori pembuatan makanan berbahan ikan tersebut.
Kerupuk dari tulang ikan tuna/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Emak-emak di Pacitan ini tergolong kreatif. Sadar produksi tuna di daerahnya melimpah, dia pun memelopori pembuatan makanan berbahan ikan tersebut.

Tak hanya mengandalkan daging ikan sebagai bahan baku produknya. Tulang ikan tuna yang selama ini dianggap limbah mampu disulap menjadi menu penuh cita rasa.

"Dulu pernah dapat pelatihan cara bikin kerupuk dari pemerintah daerah," tutur Sriyanti saat berbincang dengan detikcom di rumahnya Desa Sukodono, Kecamatan Donorojo, Sabtu (19/12/2020) siang.

Pengetahuan yang dia dapatkan ternyata tak membuat ibu dua putra itu berpuas diri. Sebaliknya, perempuan yang juga berstatus istri kepala desa itu makin terpacu untuk terus mengembangkan diri.

Berbagai macam literatur berisi resep makanan pun dilahapnya. Belum lagi kebiasaan menonton konten kuliner di YouTube yang membuatnya penasaran mencoba resep-resep baru.

Pada saat bersamaan Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) Hasil Perikanan 'Mina Barokah' yang diketuai Sriyanti tengah memulai produksi menu berbahan ikan tuna. Seperti tahu, sambal, dimsum, dan bakso.

"Iya. Semuanya berbahan daging ikan tuna," katanya tentang aneka produk olahan itu.