Pria Heroik Penyelamat Bocah Hanyut di Sungai Surabaya Hafiz Al-Qur'an

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 21:59 WIB
viral pria heroik selamatkan bocah hanyut di sungai
Ayah dan ibu Muwafikin (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Penyelamatan heroik terhadap bocah hanyut terbawa arus sungai di Surabaya viral di media sosial. Siapa pria pemberani yang menyelamatkan bocah tersebut?

Pemuda tersebut adalah Muwafikin (23) yang tinggal di Jalan Bumi Sari Praja, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep. Dengan berani ia, menolong Muhammad Alfia Agustino (7) yang sempat hanyut terseret arus sungai hingga 500 meter pada Selasa (15/12) lalu.

Saat detikcom, mencoba mengunjungi rumahnya di Jalan Bumi Sari Praja, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep. Pemuda tersebut sudah tidak berada di rumahnya. Hanya ada ayahnya Mahsan (45) dan ibunya Ani Soraya (43) yang menghuni rumah gubuk yang berada dekat sungai.

Mahsan mengatakan setelah penyelamatan heroik tersebut, Muawafikin sudah kembali ke Pondok Pesantren di kawasan Ampel, Surabaya untuk menyelesaikan hafalan Al-Qur'an. Sebab pemuda tersebut merupakan seorang hafiz yang hafal 29 juz.

"Setelah kejadian, anak saya sudah kembali ke pondok," kata Mahsan kepada detikcom, Jumat (18/12/2020).

Mahsan menjelaskan sebelum terjadi peristiwa penyelamatan bocah yang terbawa arus, ia meminta anaknya pulang dari pondok karena ada acara khataman Al-Qur'an di dekat rumah. Setelah itu rencananya sore mau balik lagi ke pondok. Kebetulan setelah itu terjadi peristiwa itu.

Saat itu Muwafikin yang baru saja menyambut ibunya pulang kerja, duduk santai di depan rumahnya, namun tiba-tiba ada temannya datang meminjam tali tampar yang akan digunakan menolong anak tenggelam.

Tidak lama, Ani, ibu Muwafikin mendengarkan teriakan warga lalu keluar, ternyata benar ada anak tenggelam dan ada seseorang yang mencoba menyelamatkan bocah itu, namun belum berhasil. Spontan Ani meminta Muwafikin untuk menolong bocah itu.