Rekapitulasi Pilwali Surabaya, Eri-Armuji Ungguli Machfud Arifin-Mujiaman

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 15:31 WIB
rekapitulasi pilwali surabaya
Rapat pleno rekapitulasi Pilwali Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

KPU Kota Surabaya telah mengumumkan hasil rapat pleno Pilwali Surabaya 2020 di hari ketiga. Paslon Eri Cahyadi-Armuji unggul dengan suara 597.540 dan paslon Machfud Arifin-Mujiaman 451.794.

Jumlah total suara sah dalam Pilkada Surabaya 2020 ada 1.049.334. Sedangkan jumlah suara tidak sah 49.135 suara. Total jumlah suara sah dan tidak sah 1.098.469.

Saksi paslon 01 dan 02 telah menyetujui atas jumlah suara yang dibacakan dari hasil rekapitulasi tingkat kota. Kemudian Ketua KPU Surabaya mengetuk palu dan angka hasil rekapitulasi telah dinyatakan sah.

"Rekapitulasi Penghitungan Suara untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota surabaya 2020 dinyatakan sah," kata Syamsi sambil mengetuk palu di Hotel Singgasana, Kamis (17/12/2020).

Syamsi mengatakan sebagaimana yang sudah diikuti bersama, bahwa rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Surabaya telah ditetapkan. Kemudian, di akhir rapat pleno, dilanjutkan dengan pembacaan SK penetapan hasil rekapitulasi suara Pilwali Surabaya 2020.

"SK akan menjadi dasar untuk mengusulkan penetapan paslon terpilih sembari menunggu proses DPRK di MK," ujar Syamsi kepada wartawan setelah membacakan SK.

"Kita mengikuti mekanisme yang ada di MK, di SK ditulis hari pukul berapa nanti yang akan menjadi acuan bagi MK 3x24 jam untuk menerima gugatan," tambahnya.

Jika nantinya tidak ada gugatan ke MK, Syamsi menjelaskan MK akan menerbitkan buku registrasi perkara konstitusi. Namun bila terdapat gugatan, maka KPU Surabaya akan menunggu apakah gugatan itu diputuskan oleh MK dismissal atau lanjut.

"Kalau dismissal, maka 5 hari setelah itu kita akan menetapkan pasangan calon terpilih. Kalau gugatan berlanjut maka akan menunggu keputusan MK apa yang harus kami lakukan," pungkasnya.

(iwd/iwd)