Musim Hujan, Harga Cabai dan Tomat Melambung di Pasar Blitar

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 10:21 WIB
cabai rawit di blitar
Cabai rawit (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Harga cabai dan tomat melambung tinggi di pasar tradisional Blitar. Itu diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi masih mengguyur wilayah Blitar.

Pantauan detikcom, kedua harga komoditas ini mulai merangkak naik sejak awal Desember tahun ini. Kenaikan harga secara bertahap mencapai Rp 2.000/hari.

Seperti di Pasar Templek dan Legi Kota Blitar, jika harga cabai kecil normalnya di kisaran Rp 16 ribu/kg, hari ini melambung sampai Rp 40 ribu/kg. Begitu juga dengan tomat, normalnya seharga Rp 3 ribu/per kg hari ini melonjak tajam sampai Rp 13 ribu/kg.

Dampaknya, beberapa pedagang kecil terpaksa mengurangi kuantitas kulakan karena terbatasnya modal. Selain itu, kedua komoditas ini tidak tahan lama jika terpaksa menimbun stok dalam jumlah banyak.

"Dikit-dikit kulakannya. Soalnya yang beli juga mengurangi karena harganya lagi mahal. Pelanggan biasa beli sekilo, kalau sekarang palingan seperempat," ujar Yuli, pedagang di Pasar Legi kepada detikcom, Rabu (16/12/2020).

Seorang pedagang lain di sebelah Yuli juga mengeluhkan berebutnya pedagang eceran ke supplier agar kebagian barang dagangan. Karena stok yang dibawa ke pasar tradisional juga terbatas dibandingkan dalam kondisi normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2