Portal Hitung Suara Error, Ini Kata KPU Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 22:17 WIB
rekapitulasi pilkada banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Website portal hitung suara Pilkada 2020 milik KPU error. Sistem perhitungan suara pada Pilbup Banyuwangi mengalami keterlambatan.

Bahkan terdapat beberapa Kecamatan yang masih terproses 2,3 persen. Padahal, terhitung sejak 14 Desember 2020 seluruh Kecamatan di Banyuwangi telah 100 persen selesai melakukan perhitungan.

KPU Banyuwangi menjelaskan bahwa keterlambatan ini disebabkan jutaan akses yang mengunjungi halaman tersebut sehingga terjadi kesulitan bagi penyelenggara untuk mengunggah hasil perhitungan dari setiap TPS.

"Kaitan dengan si rekap dari portal KPU RI ini ada beberapa kemungkinan yang menjadi kendala," kata Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa kepada wartawan, Selasa (15/12/2020).

Kendala ini dijelaskan oleh Ari adalah karena akses padat user yang mengunjungi portal tersebut. Sehingga portal sering eror pada saat digunakan untuk mengunggah hasil foto form C-1 atau C-hasil dari tiap TPS.

"Pada hari pencoblosan sudah menjadi tugas dari KPPS untuk men-scan foto C hasil dan langsung diunggah di portal KPU RI. Namun rupanya banyak yang tidak bisa mengakses atau gagal memuat data karena jaringan selalu sibuk saat hendak mengunggah hasil dari tiap TPS," jelas Ari.

Sebagai jalan keluarnya, KPU Banyuwangi selanjutnya diminta untuk memfoto secara manual form C-hasil dari tiap TPS yang selanjutnya dikirimkan langsung ke KPU RI. Kemudian, akan di scan secara langsung oleh petugas KPU RI.

Namun metode inipun rupanya masih terkendala. Maklum, pemilihan serentak ini dilaksanakan oleh 270 daerah di Indonesia. Sehingga memungkinkan banyak data yang masih belum terinput atau hasil scan tidak sesuai dengan berkas C-hasil.

Selanjutnya
Halaman
1 2