Debit Kali Lamong Naik, Surabaya Hanya Andalkan Tanggul Tanah Cegah Banjir

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 14 Des 2020 21:32 WIB
wali kota risma
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meninjau debit Kali Lamong yang berada di Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Pakal. Ia memastikan tanggul mampu menahan arus anak Sungai Bengawan Solo itu.

"Saya meninjau ke sana, ketinggian Kali Lamong itu 2,25 meter. Dulu pernah 300 meter, tapi tahun ini sekitar Bulan November kemarin kita sudah penuh. Sudah nutup sepanjang yang wilayah kita itu sudah tertutup tanggul," kata Risma di Rumah Dinasnya, Jalan Sedap Malam, Senin (14/12/2020).

Menurutnya, karena endapan lumpur di Sungai Bengawan Solo tinggi, saat hujan deras air meluap dan turun ke anak sungai. Seperti mengalir ke Kali Lamong yang melintasi Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik dan bermuara di Kota Surabaya.

"Nah, yang kita lakukan kan ada sungai yang menuju Kali Lamong. Itu tadi ketinggiannya mungkin 20-40 lah, yang di dalam tanggul kita," ujarnya.

Risma mengatakan, hal itu dilakukan untuk mencegah banjir ketika debit air di Kali Lamong tinggi. Maka pihaknya membangun tanggul secara konvensional di sepanjang Kali Lamong yang melintasi wilayah Surabaya.

Selanjutnya
Halaman
1 2