Persiapan TPS di Surabaya yang Akan Gelar Coblosan Ulang

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 22:45 WIB
Satu TPS di Pilkada Surabaya akan menggelar coblosan ulang, Minggu (13/12). Yakni TPS 46 di Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang.
Persiapan coblosan ulang di Surabaya/Foto: Esti Widiyana
"Semua yang menjadi peraturan yang ada, baik bimtek kepada KPPS kita berikan motivasi. Bukan aib, biasa saja sebenarnya, karena ada rekomendasi dari Bawaslu, kami harus melaksanakan," lanjutnya.

Rohim mengatakan, upaya yang dilakukan adalah petugas KPPS TPS 46 menyurati warga untuk bisa nyoblos ulang. Tidak ada kendala dalam mengundang warga.

"Seperti biasa, kita beri pemberitahuan ke masyarakat, ditulis ketua KPPS, H-1 disampaikan ke masyarakat sebanyak DPT, door to door. Kalau mengundang nggak ada kesulitan," kata Rohim.

Partisipasi masyarakat diyakini tidak akan menurun. Saat Pilkada, Rabu (9/12), separuh DPT golput atau tidak menggunakan hak pilihnya.

"Kalau kami terkait partisipasi masyarakat kemarin itu awal 50 persen dari DPT 216 dari 452, tetap optimis pemilih akan datang. Karena dekat jarak antara TPS dan rumah DPT," jelasnya.

Dalam pencoblosan Rabu (9/12), paslon nomor urut satu meraih 121 suara. Sedangkan paslon nomor urut dua mendapat 77 suara.


(sun/bdh)